RAKYAT.NEWS, SUBANG – Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu malam, 8 Oktober 2023.

Jokowi pastikan pertemuan itu telah dijadwalkan Kementerian Sekretariat Negara. Namun, ia mengaku belum tahu apa yang akan dibahas bersama Syahrul.

“Iya (bertemu Syahrul) nanti malam. Ya enggak ngerti (membahas apa), ketemu aja belum kok,” kata Jokowi dikutip dari CNNIndonesia.com.

Jokowi mengatakan belum terpikir menunjuk menteri pertanian baru. Dia berkata posisi itu sementara diduduki pelaksana tugas (plt.).

Dia menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi sebagai plt. Menteri Pertanian. Menurut Jokowi, penunjukan itu cukup untuk mengatasi urusan pangan dan pertanian nasional.

“Ya nantilah (penunjukan mentan baru), wong sudah ada. Sudah di-handle oleh Pak Arief,” ucapnya.

Jokowi sebelumnya mengabulkan pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo dari jabatan menteri pertanian. Ia telah menerbitkan keputusan presiden khusus memberhentikan politikus Partai NasDem itu.

Setelah mengundurkan diri, Syahrul berharap bisa bertemu Jokowi. Awalnya Mensesneg Pratikno menjadwalkan pertemuan pada Jumat, 6 Oktober lalu. Namun, Syahrul sedang tak bugar karena baru kembali dari luar negeri.