MAKASSAR, RAKYAT NEWS.COM – Mayumi Cofreative Indonesia bakal menggelar Makassar Coffee Team Challenge bertajuk “Social Creative Coffee Expo” di Trans Studio Mall Makassar dari tanggal 10 hingga 12 Maret mendatang.

Event director PT. Mayumi Cofreative Indonesia, Irsan menjelaskan adanya event pertama kali dilakukan di Indonesia Timur ini melibatkan 11 kelompok tani di Sulawesi Selatan.

“Tak hanya Makassar Coffee Team Challenge yang akan berlangsung di kegiatan ini melainkan ada penyerahan bibit kopi ke petani, penyerahan KUR dan pameran photo kopi dan deklarasi asosiasi kopi,” paparnya, Rabu (8/3) di Ctrl+C Coffee, Makassar.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari memperebutkan hadiah uang tunai puluhan juta. Bukan hanya itu pemenang akan mendapatkan sertifikat. Dimana dalam pendaftaran event tidak dipungut biaya alias free.

Irsan membeberkan spesial kreative coffee expo ini mendapat dukungan dari pihak Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI.

“Event ini akan dibuka langsung oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo,” ujarnya.

Irsan pun berharap event ini bisa bermanfaat bagi seluruh peserta tentunya membuka peluang lebih besar untuk memperkenalkan kopi.

Ditambahkan Koordinator MBTC, Yudhistira Negara bahwa kegiatan yang melibatkan puluhan kelompok petani kopi dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan ini tidak hanya akan melakukan kompetisi melainkan akan memperlihatkan jenis kopi mulai dari biji muda hingga siap saji.

“Kegiatan ini akan memperkenalkan segala jenis kopi bahkan dari bibit hingga kopi siap saji,” katanya.

Kompetisi ini juga akan memperlihatkan kekompakan dalam penyajian seduhan kopi karena dilakukan oleh tim.

“Karena ini dilakukan secara tim, maka yang akan dinilai dengan pembagian waktu 5 menit persiapan, 15 menit proses dan 5 menit untuk penyelesaian,” paparnya.