RAKYAT.NEWS, BANTEN – Pekan keselamatan jalan (PKJ) 2023, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Banten bersama Pemprov Banten menggelar Lomba Senam Keselamatan Transportasi, Rabu (6/12/2024). PKJ 2023 tahun ini menyisir emak-emak yang tergabung dalam Dharmawanita.

Kepala BPTD Banten Benny Nurdin mengatakan kegiatan lomba senam keselamatan transportasi merupakan lomba keselamatan pertama di Indonesia sebagai cara memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas.

“Giat ini cukup menarik dan rasanya baru pertama di Indonesia, selain itu bertujuan untuk meberikan edukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas melalui emak-emak,” katanya.

Kadishub Banten Tri Nurtopo, MT, mengatakan bahwa soaialisasi keselamatan jalan harus digiatkan dan menyisir sendi sendi kehidupan masyarakat, termasuk melalui giat senam keselamatan dengan dilibatkan Dharmawanita. Ia berharap kedepannya mampu berkolaborasi dengan pemerintah pusat untuk mendorong tatat kelola transportasi.

“Lomba senam keselamatan mampu menyisir kehidupan masyarakat Kedepan kolobirasi pemerintah pusat dan daerah terus kita dorong untuk menghadirkan tata kelola tranaportasi yang lebih baik,” katanya.

Sekedar informasi, Gerakan senam keselamatam transportasi yang diciptakan oleh Zainal dan Jane Riatri. peserta lomba diikuti 20 team dari unsur BUMN, Pemda Prov/kab/kota dan instanai vertikal di Banten. Tampil sebagai juara I adalah perwakilan Dharmawanita Dishub Kota Tangerang, Juara II BPTD kls II Banten dan Juara Favorite oleh Dhamawanita Kejati Banten.

Kriteria penilaian oleh dewan juri dari Perwosi Prov Banten, antara lain, Tknik, Kekompakan dan penampilan, seeta keserasian kostum yang bernuansa keselamatan Transportasi dan kearifan lokal banten. Sebelum acara lomba diawali dengan senam masaal keselamatan tranaportaai dan senam wastra banten yg dipimpin oleh instruktur dari Perwosi banten. (*)