RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi tanggapi soal dugaan kecurangan Pemilu 2024. Isu yang menyebar disejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilu tahun ini disoroti masyarakat.

Jokowi mengatakan, setiap TPS memiliki saksi-saksi yang mengawasi jalannya Pemilu. Sehingga apabila didapati kecurangan, akan mudah diketahuinya.

“Mengenai kecurangan, Caleg (calon legislatif) itu ada saksi di TPS, Partai ada saksi di TPS, capres cawapres, kandidat, ada saksi di TPS,” kata Jokowi di Area Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, di JIExpo Kemayoran, Kamis (15/2/2024), mengutip Antara.

Lanjut, Jokowi meminta kepada masyarakat apabila memang ada indikasi kecurangan, bisa melapor ke pihak yang berwenang.

“Kalau memang ada betul, ada mekanisme untuk ke Bawaslu, persidangan ke MK sudah diatur semuanya, janganlah teriak-teriak curang. Ada bukti langsung bawa ke Bawaslu, ada bukti bawa ke MK (Mahkamah Konstitusi),” ujarnya.

Olehnya itu, Jokowi menyarankan agar masyarakat sabar dan menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), meskipun hasil hitung cepat itu menggunakan metode ilmiah.

“Jadi sabar, Ojo kesusu (jangan buru-buru), sabar,” pungkasnya.