MAKASSAR – Agar selalu bugar, fit, dan tidak gampang sakit saat musim hujan tiba, salah satu hal yang terpenting adalah harus mengetahui tips menjaga kesehatan di musim hujan.

Baca Juga: Gelar Rakor PKS, Karudenim Makassar: untuk Deteksi Dini Gangguan Kamtibmas

Musim hujan dengan curah yang tinggi dan potensi banjir kerap memberi dampak buruk bagi kesehatan serta membawa berbagai macam penyakit.

Dokter Umum, RS Pondok Indah, dr. Kristanti Diliasari mengatakan tubuh manusia sangatlah sensitif terhadap perubahan suhu, terlebih ketika pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan.

“Kondisi seperti ini seringkali membuat tubuh manusia rentan terserang penyakit, dikarenakan sistem imun dalam tubuh manusia mudah menurun.” jelasnya.

Maka itu, untuk menguatkan daya tahan tubuh agar tetap fit di musim hujan, perlu menerapkan tips menjaga kesehatan di musim hujan di bawah ini.

Udara dingin, lembap, dan mendung yang identik dengan musim hujan bisa membuat daya tahan tubuh menurun, apalagi aktivitas fisik cenderung menurun.

Berbagai penyakit penyerta yang terjadi saat musim hujan atau banjir, seperti diare, demam berdarah, leptospirosis, penyakit kulit, Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), demam tifoid.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, mengetahui menjaga daya tahan tubuh adalah modal dasar kita terhindar dari virus. Terlebih kasus harian COVID-19 masih tinggi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan meminimalisir terpapar penyakit penyerta yang dapat terjadi ketika musim hujan berlangsung. Hal tersebut antara lain:

1. Jaga Pola Makan

Asupan gizi sangat penting bagi daya tahan tubuh. Seseorang yang kekurangan nutrisi berisiko terkena penyakit infeksi.

Agar asupan gizi terpenuhi atau cukup, sebaiknya perhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan, serta minum air putih yang cukup.