Makassar – Sekretaris  Badan Pengurus Nusantara Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN), Devy Istikomah menyatakan sikap siap membantu percepatan merdeka belajar di ruang-ruang kelas.

Hal itu disampaikannya langsung demikian kepada Muhyiddin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Kamis (25/8).

“KGBN bersedia memberikan pendampingan kepada rekan-rekan guru se Kota Makassar, dalam mengaktualisasikan kurikulum merdeka di ruang-ruang kelas,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Dias Permatasari, pengurus Yayasan Guru Belajar (YGB), mengatakan bahwa di acara puncak Temu Pendidik Nusantara 9 tahun ini ada kelas kolaborasi lintas negara sehingga rekan-rekan guru se Indonesia berkesempatan saling berbagi dengan guru-guru dari 20 negara.

“Kami berharap dinas pendidikan Kota Makassar dapat mengutus guru untuk turut hadir di TPN 9 Jakarta dan dapat saling menginspirasi dengan guru-guru dari luar negeri,” ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Ketua KGBN Makassar, Adelia Octoryta bahwa percepatan kemerdekaan belajar akan lebih mudah dicapai dengan kerjasama antara KGBN dengan disdik Kota Makassar.

“Semakin sering guru-guru berbagi praktik baik di kegiatan temu pendidik daerah yang diadakan oleh KGBN Makassar, baik luring maupun daring, maka semakin mudah merdeka belajar dipahami oleh guru-guru di Kota Makassar,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, H Muhyiddin menyampaikan bahwa pemerintah kota makassar selalu siap mendukung guru-guru yang ingin terus belajar melalui kerjasama dengan semua stake holder pendidikan, terutama YGB yang merupakan mitra pembangunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Kami akan mendukung melalui kebijakan, silahkan KGBN jalan, mewujudkan merdeka belajar di ruang-ruang kelas melaui berbagi prakik baik,” katanya.