MAKASSAR – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Anggota Komisi IX DPR RI gelar Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana di Hotel Four Point of Sheraton, Senin (22/01/2024).

Kegiatan BKKBN Bangga Kencana yang dilakukan merupakan kegiatan yang sudah diinstruksikan oleh Presiden RI demi menurunkan angka stunting secara nasional yang saat ini masih cukup tinggi.

Aliyah Mustika Ilham, dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya peran seluruh elemen masyarakat, guna mewujudkan keluarga Bangga Kencana, yang merupakan cikal bakal lahirnya SDM unggul.

“Program Bangga Kencana akan melahirkan keluarga berkualitas dan bermutu, memerdekakan anak Indonesia dari stunting,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Perwakilan BKKBN Prov Sulsel, Shodiqin ST,MM, yang menyampaikan pentingnya keberadaan program Bangga Kencana, demi mewujudkan generasi emas.

“Percepatan penurunan stunting ini diharapkan dapat menjadi gebrakan memerdekakan anak Indonesia dari stunting sehingga SDM negara kita dapat bersaing dengan SDM luar,” lanjut ujarnya.

Merdeka dari stunting mungkin memang bukan suatu hal yang mudah, tetapi dengan adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat yang mematuhi aturan, permasalahan ini akan teratasi.

Stunting sendiri merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat gizi serta nutrisi yang kurang, pola asuh yang salah karena kurangnya pengetahuan ibu hamil, serta lingkungan yang kurang memadai.

Dalam jangka pendek stunting dapat berdampak terhadap terhambatnya pertumbuhan fisik, perkembangan otak, dan menurunkan kecerdasan anak.

Sedangkan untuk jangka panjang stunting dapat menyebabkan anak menjadi rentan terhadap penyakit.**