MAKASSAR – Ibu-ibu harus mengenali stunting lebih dini, agar dapat segera melakukan pencegahan. Demikian disampaikan Anggota DPR RI, Komisi IX, Aliyah Mustika Ilham saat konsolisasi dengan pemangku kebijakan tingkat daerah dalam percepatan penurunan stunting, yang dihadiri oleh ibu hamil serta yang memiliki Baduta (Bayi usia dibawah dua tahun), di Aerotel Smile, Minggu (27/11).

Baca Juga: Lokakarya Security System PKBI Sulsel

Memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan usianya menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua.

 

“Dengan memantau tumbuh kembang anak, orang tua bisa mencegah berbagai kemungkinan yang bisa dialami anak, salah satunya stunting,” ujarnya.

 

Stunting perlu dihindari untuk mencegah gangguan kesehatan kedepannya. Adapun ciri-ciri stunting tinggi dan berat badan lebih kecil dibandingkan dengan anak seusianya, anak rentan mengalami gangguan pada tulang, mengalami gangguan tumbuh kembang, rentan mengalami gangguan kesehatan, terlihat lemas terus menerus dan kurang akti.

 

“Pastikan melakukan pemeriksaan kesehatan anak setiap 1 hingga 2 bulan sekali. Saat pemeriksaan berlangsung, tim medis juga akan mencari tahu perkembangan berat dan tinggi badan anak secara berkala,” lanjutnya.

 

Sosiaslisasi ini menghadirkan Koord Bidang KSPK BKKBN Prov Sulsel, Irma Wahyuni Bachtiar, S.Sos dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Chaidir, S.Stp,M.Si.

 

Selepas sosialisasi, Aliyah Mustika Ilham membagikan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita