MAKASSAR, RAKYAT NEWS.COM -Real Estate Indonesia (REI) Sulsel bersama PT Debindo Mega Promo kembali akan melakukan pameran properti Ekspo REI 2023 bertabur promo dan kemudahan lainnya hanya di Mall Ratu Indah (MaRI), Rabu (8/3).

Debindo menghadirkan 42 booth dalam pameran ini dan dijadwalkan akan berlangsung pada 8-12 Maret mendatang.

Kemudahan yang diberikan kali ini sangat berbeda dari pameran pada umumnya,  pasalnya pembeli bisa langsung melakukan akad.

Wakil Ketua Bidang Pameran dan Promosi REI Sulsel, Alfred mengatakan Expo REI kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Jika bisanya hanya properti, sekarang juga diikuti pameran otomotif dan material building.

“Diikuti sebanyak 4 bank yakni; BTN, Mandiri, BSI, dan BNI tentunya dengan berbagai penawaran kemudahan,” katanya saat jumpa pers di MaRI.

Alfred menambahkan, Expo REI ini menghadirkan ragam kemudahan untuk memiliki rumah.

Mulai dari suguhan promo, seperti DP nol persen, fasilitas free kanopi dan AC, free biaya akad, hingga tanda jadi dengan Rp65 ribu saja juga dilaksanakan untuk mempercepat proses akad.

“Jadi mulai dari tanda jadi, DP, hingga akad itu bisa dilakukan pada hari yang sama di masa pameran,” kata Alfred.

Expo REI ini diharapkan bisa menarik pembeli dan target 150 miliar transaksi selama pameran. Target ini diyakini bisa tercapai karena pada Expo REI 2022, transaksi mencapai Rp100 miliar.

Ketua REI Sulsel, M Sadiq mengatakan, dengan kondisi ekonomi yang makin baik, target Rp150 miliar ini sangat optimis bisa dicapai. Termasuk target 25 ribu unit diyakini bisa terjual di tahun ini.

“Di mana tadi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) minta 100 unit tapi kita bilang terlalu berat dengan SDM kita. Kita hanya 25 ribu unit saja dan kita optimis bisa capai di 2023 ini,” katanya.

Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Darwisman menyampaikan apresiasi kepada REI atas terlaksana expo ini.

OJK kata dia juga akan terus mendukung hingga expo ini digelar ke daerah-daerah.

Pasalnya, Darwinsyah melihat sharenya masih didominasi Makassar sementara pengembangan di daerah juga sangat potensial.

“Jadi ini tantangan juga buat Pak Sadiq. Bagaimana agar juga mendorong bisnis properti dan usaha lainya di daerah,” katanya.

Untuk diketahui, Expo REI 2023 ini diikuti 42 peserta. Diantaranya empat otomotif dan dua material building.

Sementara itu, Proyek Manajer Debindo Makassar, Roby Engel menjelaskan jika kolaborasinya bersama REI telah lama terjalin. Hingga kini, kolaborasi itu terus berlanjut dan berjalan dengan baik.

Robby menjelaskan jika persiapan penyelenggaraan Ekspo REI 2023 di Makassar sudah berjalan sesuai rencana.

Selain puluhan pengembang perumahan yang dipastikan berpartisipasi, juga ada dari perbankan dan perusahaan otomotif.

Keberadaan mereka sebagai penunjang atau pendukung dalam pelaksanaan Ekspo REI 2023.

Pameran ini akan menawarkan ragam promo potongan harga dan uang muka atau DP.