“PT Semen Tonasa sendiri, sejak 5 tahun terakhir secara konsisten terus melakukan transformasi digital di segala sektor secara berkesinambungan, dengan mengacu pada roadmap yang telah disusun oleh perusahaan. Berbagai inovasi dan implementasi teknologi digital terus digalakkan tidak hanya dalam terkait dengan operasional pabrik, namun juga termasuk mendukung kinerja human capital, finance, termasuk green industry,” lanjutnya.

Alfin mengungkapkan bahwa partisipasi ini juga merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap inisiatif pemerintah dalam roadmap Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018.

Selain itu, partsipasi ini juga merupakan langkah strategis Semen Tonasa dalam mengatasi tantangan dan peluang industri 4.0, serta melihat berbagai potensi untuk menjalin kemitraan industri 4.0 dengan pelaku industri lainnya.

Dalam Hannover Messe 2023 ini, Indonesia kembali ditunjuk sebagai country partner untuk yang ketiga kalinya.

Pada kesempatan ini, Indonesia membawa lebih dari 150 co-exhibitor yang berasal dari BUMN, lembaga otorita, asosiasi, industri nasional dan multinasional, serta lembaga lnternasional, sebagai wujud dalam mendukung strategi mencapai pertumbuhan ekonomi di tengah tantangan ekonomi global saat ini.