Dua masjid telah memiliki serambi sehat, yakni Masjid Nurul Muttaqien di Minasa Upa dan Masjid Baiturrahman di Panaikang

 

RAKYAT.NEWS, Makassar – Indonesia Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulawesi Selatan sedang mempersiapkan masjid ketiga di Kota Makassar, yang akan memiliki serambi sehat.

Sebelumnya, dua masjid telah memiliki serambi sehat, yakni Masjid Nurul Muttaqien di Minasa Upa dan Masjid Baiturrahman di Panaikang. Ketua ISYEF Sulsel, dr Fadli Ananda mengatakan, serambi sehat masjid ini memiliki fasilitas yang sama dengan poliklinik.

Akan ada satu orang dokter dan perawat yang bertugas. “Disini masyarakat bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis,” kata dokter Fadli dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat, 20 Januari 2023.

Menurut dokter Fadli, antusiasme masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan cukup tinggi. “Alhamdulillah, selain jemaah masjid, warga sekitar juga memanfaatkan fasilitas kesehatan ini,” ujar dokter Fadli..

ISYEF Sulsel yang diketuai dokter Fadli memang getol mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat syiar Islam. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, masjid juga harus menjadi pusat aktivitas umat muslim, termasuk ekonomi dan kesehatan.