Dan ketika pangan lokal itu hilang maka hilang budaya kampung tersebut, dan kita ingin ada kebijakan yang mengawal karena kita tidak bicara hanya lokal tapi secara global, karena adanya persaingan, jangan sampai kita di kuasai.

Beberapa kabupaten telah menjadi Pendampingan PARARA diantaranya Kabupaten, maros, pangkep, Gowa dan Takallar, tutur Mia siang tadi, Jumat 9 Juni 2023, pada kegiatan Worshop PARARA di cafe Masagena Makassar.

Produk lokal menjadi salah satu misi PARARA apalagi dengan tantangan Asien Economic Kominite, sebagai pasar terbuka bagi semua di Asian.

“Kita ingin produk-produk kita tidak kala bersaing, kita ingin menawarkan produk yang punya value khususnya di lokal, sehat, adil dan lestari dengan mengusung empat isu ini supaya menjadi brand produk kita dan menjadi nilai tawar bagi produk negara lain,” katanya.

Saat ini PARARA, telah memiliki sebuah Toko dan Restoran di Kemang Jakarta Selatan dengan konsep produk lokal, sehat, adil dan lestari.

“Alasan ini lakukan PARARA agar memperluas konsep produk lokal sehat ke daerah-daerah sehingga daerah-daerah tersebut juga dapat menjadi “motor” kampanye dan  memperoleh manfaat dari roduk-produk tersebut,” tutup Mia.**