JENEPONTO, RAKYAT NEWS – Demi mencapai visi dan misi yang telah ditargetkan, PDAM Jeneponto menggelar Pelatihan In House Training Penyusunan Rencana Bisnis PDAM Jeneponto Periode 2024-2028.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Direktur PDAM Jeneponto Junaedi, di Ruang Rapat PDAM Jeneponto, Rabu (14/6/2023). Turut hadir Dewan Pengawas PDAM Jeneponto Rahman Nara.

Pada kesempatan ini PDAM Jeneponto menggandeng PT Saffalya Mitra Utama dalam mengoptimalisasi penambahan kapasitas dan penggantian pipa.

Direktur PDAM Jeneponto Junaedi dalam paparannya mengatakan, manfaat dan fungsi rencana bisnis, antara lain sistem penambahan kapasitas dengan sistem gravitasi.

“Jadi ada beberapa penambahan kapasitas dibeberapa kecamatan, seperti kecamatan Turatea dengan penambahan spam. Termasuk Kecamatan Tarowang, tepatnya di Desa Gantarang juga ada penambahan spam,” sebut Junaedi.

Selain itu, tambah Junaedi pihaknya juga akan melakukan penambahan kapasitas berupa spam di Desa Beroanging, Kecamatan Bangkala Barat dengan sistem gravitasi.

Rakyat News
Pelatihan In House Training PDAM Jeneponto

Hal ini dilakukan kata Junaedi, agar PDAM Jeneponto lebih sehat dengan sistem gravitasi. Pasalnya, jika PDAM masih ketergantungan energi listrik dari PLN maka akan sangat membenani biaya operasional PDAM Jeneponto.

“Jadi kita upayakan dengan sistem gravitasi dengan kapasitas 20 liter perdetik,” ungkap Junaedi.

Selanjutnya, tambah Junaedi rencana bisnis kedepan adalah mengoptimalkan penggantian pipa yang sudah berumur sekitar 40 tahun atau sudah ada sejak tahun 1980-an. Jadi termasuk pipa ukuran 250, ukuran 800 yang berada di sungai, serta pipa yang berada di jalur perkotaan Jeneponto.

“Kita upayakan kedepan mulai tahun 2024 sampai 2028, pipa tersebut kita optimalkan diganti, agar air yang dihasilkan oleh PDAM mempunyai standar yang layak di konsumsi,” tandasnya.