Luwu Raya dalam Proyeksi Strategis Sulsel, Mengucur Alokasi Rp 818 Miliar. (Dok. Humas)

RAKYAT.NEWS, Palopo – Masuk dalam proyeksi strategis Sulsel, daerah Luwu Raya meliputi Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Timur mendapat kucuran alokasi anggaran Rp 818 miliar, terhitung sejak beberapa tahun lalu.

Hal ini disampaikan, Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulsel dalam acara 755 tahun Kabupaten Luwu dan peringatan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-77 bertema “Ekonomi Tumbuh Tanah Luwu Sejahtera”. Kegiatannya berlangsung di Lapangan Pancasila, Senin 23 Januari 2023.

“Kita terus mendorong pembangunan di Luwu Raya sebagai komitmen dalam mewujudkan Pembangunan yang berkeadilan. Ada Rp 818 miliar anggaran yang dialokasikan dan terbukti sudah ada beberapa pembangunan di beberapa wilayah Luwu Raya,” kata Andi Sudirman dalam siaran pers Humas Pemprov Sulsel yang diterima redaksi, Minggu, 23 Januari 2023.

Tak hanya pembangunan melalui kewenangan provinsi, Gubernur Sulsel juga telah mengucurkan sejumlah Bantuan Keuangan untuk sejumlah pembangunan di Luwu Raya.

Diantaranya tahun 2022 lalu Pemprov Sulsel mengalokasikan bantuan keuangan untuk peningkatan jalan ruas Bonglo-Pantilang di Luwu, pembangunan jembatan Poringan di Luwu; peningkatan jalan beton ruas Pekaloa – Tole.

“Tana Luwu terus menjadi prioritas kami sebagai wujud komitmen pembangunan yang berkeadilan, baik di Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Luwu Utara,” tegasnya.

Ditambahkan, tahun ini antara lain fokus pada pembangunan jalan Ruas Bua – Batas Kabupaten Toraja Utara di Luwu; rekonstruksi jalan Ruas Rantepao – Sa’dan – Batusitanduk di Luwu, rekonstruksi jalan ruas Ussu – Nuha – Beteleme – Batas Provinsi Sulteng di Kabupaten Luwu Timur.