Makassar – SMK 3 Makassar yang terletak di Jalan Bonto Te’ne No.6 Kelurahan Manuruki, Kecamatan Tamalate ternyata satu-satunya sekolah yang memakai listrik tenaga surya, rabu(5/7/2023).

Panel listrik tenaga surya yang berdaya 50 Kva di SMK 3 Makassar dipasangkan oleh Kementerian ESDM pada tahun 2020

Drs Farid A Massewali, MM Kepala SMK 3 Makassar menjelaskan pemasangan listrik tenaga surya yang berdaya 50 Kva ini di kerjakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada tahun 2020 lalu menggunakan anggaran Kementerian tersebut.

“Pada tahun 2020 panel listrik tenaga surya ini dipasang oleh Kementerian ESDM dengan menggunakan anggaran kementerian tersebut,” jelasnya.

Farid sapaan yang biasa di panggil menambahkan pemasangan panel listrik bertenaga surya ini sesuai dengan salah satu jurusan yang ada di dalam SMK 3 Makassar ini yaitu jurusan tehnik energi surya hidro dan angin, jadi selain untuk kepentingan operasional sekolah juga untuk kepentingan belajar siswa dan siswi.

Farid merinci pembayaran listrik sekitar 20 juta/bulan sebelum pasangkan panel tenaga surya ini, namun setelah pemasangan panel tenaga surya hanya membayar 2 juta/bulan, ditambah dengan terjangkaunya biaya perawatannya.

“Untuk pembayaran listri ke PLN sebelum adanya panel surya bisa sampai 20 juta/bulan, tetapi sesudah dipasangkan panel surya pembayaran hanya 2 juta/bulannya, ditambah dengan terjangkaunnya biaya perawatan panel ini, jadi sangat membantu sekali untuk operasional kegiatan belajar dan mengajar, dan anggaran listrik bisa di arahkan untuk kepentingan yang lebih penting lagi di sekolah,” tutupnya.