MAKASSAR- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Pameran Perguruan Tinggi Taiwan (Panrita) Taiwan Higher Education Fair (THEF) 2023 di Balai Sidang Muktamar Unismuh, Jumat (3/11/2023).

Rektor Unimuh, Prof Ambo Asse mengatakan sebanyak 14 perguruan tinggi di Taiwan ikut berpartisipasi dan melakukan penandatanganan kerja sama dalam pameran tersebut.

“Sebanyak 14 perguruan tinggi Taiwan dan pada hari ini melakulan penandatanganan MoU,” katanya.

Gelar Panrita, Unismuh Hadirkan 14 Perguruan Tinggi Terbaik Taiwan

Lanjut, Prof Ambo Asse berharap kedepannya mahasiswa Unismuh dapat melanjutkan studynya di luar Negeri.

“Kita berharap bukan hanya ketakwaan yang harus di petkuat, tapi kolaborasi juga harus di pengang Teguh. Dan pada hari ini saya berharap anak-anakku di Unismuh dapat melanjutkan pendidikannya di Taiwan,” ujarnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Andi Lukman mengatakan Unismuh menjadi kampus pertama yang melakukan pameran dengan melibatkan perguruan tinggi luar negeri

“Ini pertama kali di lakukan pameran dengan kolaborasi dengan perguruan tinggi Taiwan,” pintahnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini bagaimana mutu anak muda bangsa bisa meningkat dan lebih berkualitas dengan memberikan peluang untuk berkuliah di Taiwan.

“Saya berharap dengan pameran ini anak-anak SMA dan Unismuh bisa kuliah di luar negri, Guna meningkatkan kualitas mutu anak muda bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Asia University Taiwan Prof Yinghuei Chen Mengatakan ada dua hal yang mesti di persiapakan ketika ingin kuliah diluar Negeri yang pertama kemampuan berbahasa dan finansial.

“Kriteria untuk bisa kuliah diluar negeri yaitu kemampuan bahasa, jadi mahasiswa yang ingin keluar negeri harus bisa bahasa mandarin/inggris minimal B1 dan Keuangan mereka harus memiliki kemampuan keuangan,” pintahnya.