JENEPONTO – Bertempat di pesisir pantai di Lingkungan Tarrusang Selatan, Kelurahan Monro-Monro, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Kodim 1425 Jeneponto menggelar kegiatan Karya Bakti TNI, penanaman 1.000 pohon yang dilaksanakan serentak di seluruh satuan jajaran TNI-AD, Sabtu (3/2/2024).

Kegiatan tersebut mengusung tema, “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan Dan Kawasan Basah”, yang diawali dengan Upacara Pembukaan Persami Saka Wira Kartika Tahun 2024, dipimipin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang dilaksanakan secara Virtual.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, kata Maruli.

Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran serta kepedulian terhadap lingkungan alam sekitar yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, termasuk Pramuka, tutup Kasad Jenderal Maruli.

Sementara, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin, S.IP., saat dikonfirmasi mengatakan khususnya wilayah teritorial Kodim 1425 Jeneponto melaksanakan penanaman pohon jenis Mangrove, “Kami menanam 1000 pohon Mangrove di wilayah pesisir pantai di Lingkungan Tarrusang Selatan Kelurahan Monro-monro”, kata Dandim.

Dikatannya, bahwa tujuan penanaman Mangrove tersebut sebagai upaya dalam mengembalikan fungsi pantai ke dalam perannya uuntuk menjaga keseimbangan ekosistem di darat dan di laut, guna membangun kembali habitat alam dan mencegah pemanasan global, ujar Letkol Inf Muhammad Amin.