Data-data akan dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti survei, wawancara, dan dokumen resmi pemerintah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, dimana data-data yang diperoleh akan dianalisis secara mendalam untuk mengidentifikasi pola, tema, dan hubungan antara berbagai faktor yang mempengaruhi peran kebudayaan Islam dalam transformasi sosial dan politik di Indonesia.

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Kebudayaan Islam memiliki peran yang penting dalam kehidupan modern. Dalam konteks ini, kebudayaan Islam merujuk pada nilai-nilai, norma, dan praktikpraktik dalam agama Islam yang mempengaruhi cara hidup masyarakat Muslim. Salah satu contoh pengaruh kebudayaan Islam dalam kehidupan modern adalah dalam bidang seni dan arsitektur. Sejak zaman klasik, seni Islam telah menghasilkan Erviana, dkk. Pengaruh Kebudayaan Islam Bojonegoro, 27 Juni 2023 450 Prosiding Seminar Nasional Daring karya-karya seni yang indah dan unik, seperti kaligrafi, seni ukir, seni kerajinan tangan, dan seni arsitektur.

Contoh yang paling terkenal adalah Masjidil Haram di 4 Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah,yang merupakan tempat suci bagi umat Muslim dan menjadi pusat spiritual bagi jutaan orang. Selain itu, kebudayaan Islam juga mempengaruhi cara hidup masyarakat Muslim dalam kehidupan modern. Misalnya, dalam hal berpakaian, masyarakat Muslim umumnya mengenakan pakaian yang menutup aurat dan mengikuti aturanaturan tertentu dalam berpakaian sesuai dengan ajaran Islam.

Dalam bidang pendidikan, kebudayaan Islam juga mempengaruhi cara belajar dan mengajar disekolah-sekolah Islam. Pendidikan Islam menekankan pentingnya mempelajari AlQuran dan hadis, serta mengajarkan nilai-nilai moral dan etika yang diajarkan dalam agama Islam pada abad ke-14, Islam sudah menjadi agama mayoritas di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Aceh, Maluku, dan Sulawesi. Kemudian, pada abad ke-15, kerajaan-kerajaan Islam mulai muncul di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.