Makassar, Rakyat News – Kota Makassar melalui Dinas Sosial, meraih penghargaan bertaraf nasional, terkait layanan anak terpadu, yang di serahkan langsung oleh Menteri Sosial, Kofifah Indar Parawansa yang berlangsung di Alun-Alun kota Malang Jawa Timur, Senin 20 November 2017.

Penghargaan tersebut, diterima oleh Sekertaris Dinas Sosial kota Makassar, mewakili Walikota Makassar pada acara gerakan sosial menuju Indonesia bebas anak jalanan yang digelar oleh Kemensos.

Diketahui, penghargaan yang telah di berikan kepada Pemerintah Kota Makassar, dinilai telah sukses menjadi kota percontohan dalam pelaksanaan Layanan Anak Integratif (LAI).

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial kota Makassar, Dr.Mukhtar Tahir menjelaskan, penghargaan yang telah di raih berkat sinergitas antara dinas-dinas terkait dalam mewujudkan Layanan Anak Integratif (LAI).

“Kebijakan perlindungan anak dan kesejahteraan sosial dalam konteks desentralisasi, yang dimana telah di tuangkan dalam sinergitas antara sejumlah dinas terkait,” kata Mukhtar Tahir saat di konfirmasi.

Selain kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Tulangagung, Klaten, Surakarta juga telah mendapatkan penghargaan layanan anak terpadu.

Lanjut dikatakan Mukhtar, layanan bagi anak terpadu ini adalah dalam bentuk sinergitas antara sejumlah dinas terkait.

“Program LAI dilakukan pemerintah, dalam memberikan perlindungan bagi anak yang rentan terhadap berbagai resiko berhadapan dengan hukum,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa pelayanan anak tersebut kerjasama dengan beberapa dinas terkait, misalnya anak jalanan yang ketahuan ataupun kita dapat kemudian ia sakit, tentunya langsung dilakukan pelayanan ke medis. Tentu berhubungan dengan dinas kesehatan dan juga dari segi pendidikannya, hal itu telah kita berkoordinasi lagi dengan dinas pendidikan.