RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pengamat Politik, Pertahanan, dan Keamanan (Polhankam), Arqam Azikin, menyebut Munafri Arifuddin alias Appi harus merubah metodologi politiknya untuk maju di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar 2024.

Alasannya, Appi akan berhadapan dengan Indira Yusuf Ismail, yang merupakan istri Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

“Appi harus merubah metodologi politiknya kali ini, jangan pakai seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadi dia (Appi) membuat metodologi politik baru karena Geopolitik yang digunakan Indira Yusuf Ismail masih tetap milik Danny Pomanto,” kata ucap Arqam dalam sesi diskusi Komunitas Jurnalis Politik (KJP) di Lapak Kopi Abangda, Makassar, Jumat (28/6/2024).

Sebelumnya, Danny berhasil mengalahkan Appi dalam dua masa Pilwali, yakni 2018 dan 2020.

“Hanya Danny Pomanto yang paham bagaimana cara mengalahkan Appi di Pilwali dan itu terbukti. Di tahun 2018 kalah melawan kotak kosong dan di tahun 2020 kalah melawan Danny Pomanto bersama Fatmawati Rusdi,” ujarnya.

Diketahui, hasil survei Smart Power Institute, Munafri Arifuddin secara popularitas 91,5% dan elektabilitas 36,5% kalahkan survey Indira Yusuf Ismail secara popularitas sekisar 66,7% dan secara elektabilitas mencapai 8,9%.

“Appi harus memanfaatkan hasil survey sementara ini,” kata Arqam.

Penulis: Rendi