RAKYAT NEWS, JAKARTA – Hendropriyono menyebutkan bahwa para kader partai politik harus melalui tahapan seleksi pendidikan politik, dengan cara dibekali ilmu administrasi, manajemen, dan birokrasi.

Menurutnya, di negara China ada tujuh tingkatan dalam mendidik kader partai politik.

“Di China terlepas masalah dari ideologinya ya, tapi bagaimana mereka (China) mendidik kader politik ada 7 tingkat. Jadi 7 tingkat itu yang duduk di Kabinet,” kutip, Hendropriyono dalam Channel Podcast D’rooftalk, Jumat (6/6/2024).

Mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tahun 2001 hingga 2004 ini, mengatakan pemilihan tingkat Wali Kota di negara China sudah melalui kriteria itu.

“Memang perlu pendidikan politik dan pengalaman ya, memang bikin melek masyarakat begitu banyak susah juga. Mesti elitenya,” tandas Hendropriyono.

Sebenarnya, kata dia, jika ingin menduduki jabatan birokrasi harus melalui Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Akan tetapi, sekarang tidak menjadi persyaratan mutlak.

“Sekarang gak lagi, bukan merupakan syarat. Jadikan kita mengisi Nasionalismenya kita mau salurkan,” ungkap Hendropriyono.

Penulis : Dirham