Berbagai perbaikan pelayanan publik dan pertumbuhan ekonomi di Bantaeng terjadi berkat berbagai terobosan dar inovasi yang dilakukan Nurdin sejak awal menjabat. Di tahun pertama kepemimpinannya, Nurdin melakukan pembenahan dan peningkatan kapasitas aparat pemerintah dengan menerapkan pola assesment dengan melibatkan Universitas lndonesia dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jatinangor, Jawa Barat.

Nurdin melakukan sistem pendaftaran terbuka (open recruitment) sejak 2009 dan rotasi Kepala Dinas secara berkala setiap 3-6 bulan sekali untuk menghindari zona nyaman korupsi.

Nurdin juga sudah banyak mengganti pejabat yang bekerja tidak benar atau terbukti korup. Masing-masing Kepala Badan Kepegawaian Daerah sudah berganti empat kali, wakil bupati pada periode kepemimpinan kedua ini sudah beberapa kali ikut lelang jabatan di periode pertama Nurdin menjabat Bupati, dan kalau ada pejabat yang bersalah dan dilaporkan warga akan langsung dicopot.

Untuk menutup kebocoran anggaran, berkas APBD yang sudah disahkan akan diserahkan ke kejaksaan dan kepolisian untuk dianalisa dan dilakukan pengawasan. Inspektorat juga diperkuat sebelum pelaksaana anggaran, begitu juga rapat-rapat koordinasi dengan aparat kejaksaan dan kepolisian.

Partisipasi warga, aktivis LSM, dan pers dalam pengawasan pembangunan difasilitasi dengan baik karena di rumah pribadi Nurdin, siapa pun warga Bantaeng bebas masuk untuk mengadu atau mengusulkan program.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Harian BHACA, Natalia Subagyo berharap tokoh yang telah diberikan penghargaan dapat mempertahankan integritas pribadi serta membangun sistem tata kelola yang baik dilingkungannya, walaupun dalam skala berbeda, tetap sama beratnya.

“Semoga mereka (yang mendapatkan penghargaan) bisa terus menjadi panutan dan sistem mereka bangun menjadi landasan kokoh untuk selangkah demi selangkah membangun Indonesia yang bersih,” ujar Natalia Subagyo.
Dijelaskan, malam Anugerah BHACA 2017 sendiri akan diselenggarakan pada Kamis (14/12) di Financial Hall, Graha ClMB Niaga, Jalan Sudirman kav. 58, Jakarta Selatan.