RAKYAT.NEWS, Selayar – Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BB KIPM) Makassar merilis secara resmi hasil pengujian laboratorium sampel kematian ikan di Kabupaten Kepulauan Selayar, masih berada di bawah batas normal.

Hasil uji laboratorium untuk parameter logam berat menunjukkan kandungan logam berat ikan sampel masih berada di bawah batas normal.

“Simpulan tersebut diketahui pada Selasa, 24 Januari 2023 melalui siaran pers BB KIPM nomor 135/BBKIPM.MKS/HNM.320/I/2023 tentang Outbrek Kematian Ikan di Kepulauan Selayar,” kata Kabid Humas Diskominfo Selayar, Andi Sandra Esty Abriany dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu, 25 Januari 2023.

Dalam hasil uji itu dijelaskan bahwa pihak Laboratorium BB KIPM Makassar melakukan pengujian untuk mengetahui penyebab kematian ikan dan keamanan ikan untuk dikomsumsi masyarakat.

Hasil uji lab, diketahui bahwa kematian ikan di Kabupaten Kepulauan Selayar tidak disebabkan oleh penyakit, begitu pula dengan kadar logam, pihak BB KIPM menilai masih berada dibawah ambang batas SNI.

Dengan adanya hasil uji laboratorium tersebut, Kepala BB KIPM Makassar, Chadidjah, mengimbau masyarakat untuk tidak takut memakan ikan.

“Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik dikomsunsi masyarakat karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dan juga salah satu langkah tepat dalam pencegahan stunting di Indonesia,” kata Chadidjah dalam siaran persnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, fenomena laut yang nampak terang dengan warna biru kehijauan dimalam hari terjadi di pesisir pantai barat Selayar dan sempat viral dimedia sosial.

Pemkab Selayar kemudian bertindak cepat dengan melakukan pengambilan sampel ikan yang mati dan mengirimkan sampel tersebut ke Balai Besar KIPM Makassar untuk dilakukan uji laboratotium.