RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Nama Abdul Rahman Bando begitu tidak asing jika berbicara kontestasi Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar. Ia pernah menjadi calon wakil wali kota dari Munafri Arifuddin pada Pilwali tahun 2020. Dan kini ia sebagai kandidat calon wali kota untuk Pilwali Makassar November 2024 mendatang.

Dengan tagline ‘Gerbang Makassar’, kandidat yang dikenal dengan nama akronim ARB itu disebut memiliki langkah lebih maju dibanding kandidat lain.

Hal itu disebutkan oleh Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus saat menilai kandidat yang akan maju di Pilwali Makassar.

“Saya melihat Rahman bando selangkah lebih maju dibanding kandidat lain,” ucap Nurmal Idrus di Podcast Rakyat News beberapa waktu lalu.

Bukan tanpa alasan, pengamat politik itu menyebutkan bahwa tagline yang dibawa ARB merupakan daya tarik tersendiri untuk kandidasinya. Menurutnya, tagline itu membuktikan bahwa ARB sudah tau apa yang mesti ia lakukan sebelum turun ke publik.

“Sebelum muncul ke publik, dia (ARB) sudah tau apa yang ia lakukan. Maka saat ide Gerbang Makassar muncul, itu tentu berpengaruh pada elektabilitasnya. Orang tidak hanya melihat fotonya tampil di depan publik, tapi orang juga berpikir ada ide dan gagasannya,” kata Nurmal Idrus.

Jadi lanjut Nurmal, elektabilitas, aksesibilitas dan keterpilihan seorang kandidat sama sekali bukan dilihat dari seberapa banyak wajah kandidat itu bersebaran. Melainkan dilihat dari ide dan gagasan yang dimilikinya.

“Jadi elektabilitas, aksesibilitas dan keterpilihan tidak bisa dibangun dengan hanya menjual tampan, atau ada orang di belakangnya. Tetapi semuanya itu dibangun dengan ide dan gagasan,” terang Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus.