JAKARTA – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) maka petugas Kepolisian akan menjalankan tugas untuk hal tersebut pada aksi Unjuk Rasa (Unras) di hari Senin (11/4/2022).

Baca Juga : Gubernur Ali Mazi Tinjau Pembangunan Sarana Olahraga Taraf Nasional di Buton

Korps Bhayangkara akan berkomitmen terhadap Undang-Undang mengenai kebebasan berpendapat yang merupakan bagian dari HAM sehingga harus diberikan perlindungan secara menyeluruh.

Ia mengatakan, hal tersebut menjadi alasan mengapa harus ada rasa kemanusiaan yang harus dilakukan dan bagi umat muslim yang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan harus diperhatikan juga.

“Sebab itu, humanis harus terus dilaksanakan. Apalagi, karena saat ini bulan Ramadhan, kesucian dan kekhusyuan bagi umat muslim yang sedang menjalani puasa tetap harus kita perhatikan,” ujarnya.

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengawal dan mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa pada 11 April 2022, dengan mengedepankan pendekatan humanis agar setiap warga yang ingin menyampaikan pendapat diberikan ruang.

“Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi,” ucapnya dalam keterangan tertulis.

Lanjutnya, pengamanan tersebut bertujuan agar semua aspirasi dapat tersampaikan dengan baik kepada pemerintah.

“Sehingga penyampaian pesan ini betul-betul tersampaikan dengan jernih tidak ada noise. Dengan begitu, para pengambil keputusan, pemangku kebijakan, mendengarkan dengan jelas, kemudian segera bisa ditindaklanjuti pesan tersebut tanpa terganggu oleh noise-noise tersebut. Ini tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk oknum yang ingin menciderai apa yang menjadi aspirasi mahasiswa dan masyarakat akan ditindak tegas kepada siapa saja yang mencoba melakukannya demi keuntungan pribadi.