RAKYAT NEWS, SALATIGA – Sebuah bus pariwisata yang baru saja diperbaiki di bengkel, terbakar di Jalan Lingkar Salatiga (JLS), Sabtu (20/7/2024) sekitar pukul 11.50 WIB. Dari kebakaran tersebut, tidak memakan korban jiwa.

Pejabat Humas sementara Polres Salatiga, Ipda Sutopo, menjelaskan bahwa bus pariwisata Blue Star H 7688 OC terbakar di JLS dekat Taman Kota Salatiga, Kecamatan Sidomukti.

“Bus dikendarai Joko Purwanto warga Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang dan kernet Windiarto warga Tegalrejo Kecamatan Argomulyo Salatiga,” ujarnya, Sabtu, (20/07/2024).

Kejadian bermula saat bus meninggalkan garasi di wilayah Isep-isep Kelurahan Cebongan Argomulyo Salatiga.

“Setelah melalui jalanan, tiba di JLS Pulutan, bus berputar arah kembali ke Cebongan,” katanya.

“Sesampainya di dekat Taman Kota, bagian belakang bus mengeluarkan asap putih. Kemudian pengemudi berusaha membuka kap mesin belakang setelah dibuka ternyata mengeluarkan api,” kata Sutopo.

Pengemudi berusaha memadamkan api namun sia-sia. Akhirnya, petugas Penyelamat Kota Salatiga dipanggil.

Sementara itu, Kepala Damkar Satpol PP Kota Salatiga, Joko Widodo, menyatakan bahwa saat petugas Damkar tiba di lokasi, bus terbakar dari bagian belakang hingga depan.

“Api berhasil dipadamkan 25 menit setelah petugas tiba di lokasi dan melakukan upaya pemadaman,” jelasnya.

“Bus tersebut sedang uji coba karena baru dalam proses perbaikan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, untuk kerugian masih dalam penghitungan,” kata Joko.