RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) merilis survei internal terhadap bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan. Hasilnya, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) berada pada posisi teratas.

“Hasilnya menunjukkan bahwa Andi Iwan Darmawan memperoleh 14,71% suara responden. Di urutan kedua, Ilham Arief Sirajuddin mendapatkan 11,3% suara, diikuti oleh Andi Sudirman Sulaiman dengan 9,75% suara,” kata Penanggung Jawab Survei Internal PKN, Gusti Zainal saat merilis survei di di Hotel Four Point By Sheraton, Makassar, Minggu (21/7/2024).

Posisi berikutnya diisi oleh Mohammad Ramdhan Danny Pomanto dengan elektabilitas 6,65%, disusul Indah Putri Indriani sebesar 5,62%.

Survei yang berlangsung pada 3-9 Juni ini dilakukan dengan responden berjumlah 1.067 orang dari seluruh kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan atau 0,16% dari populasi pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

“Undecided voters (yang belum menentukan Pilihan) masih sangat tinggi, mencapai 37,68 % . Hal ini menunjukkan bahwa peta dukungan masih bisa berubah secara signifikan seiring dengan berjalannya kampanye dan deklarasi resmi pasangan calon,” kata Gusti.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode sampel acak sederhana, dengan margin of error sebesar ± 5% dan tingkat kepercayaan berada pada angka 95%. “Metode ini memastikan bahwa hasil survei dapat merepresentasikan seluruh populasi dengan adil dan akurat,” ucap Gusti.

“Kami berharap informasi ini dapat bermanfaat sekaligus menjadi bahan referensi bagi siapa saja yang berkepentingan membawa Sulsel ke arah yang lebih baik, maju dan sejahtera. Tentu setelah ini, kita akan terus melakukan upaya-upaya konkrit yang berbasis data agar masyarakat dapat tercerahkan tanpa dikerahkan,” kata Sekretaris PD PKN Sulsel, Nur Hidayatullah B Cottong.