RAKYAT.NEWS, BEKASI – Kelompok kerja (Pokja) wartawan humas Kota Bekasi menggelar diskusi publik bertema” Peran Media di Pilkada Kota Bekasi” yang diselengarakan di gedung Crative Kota Bekasi pada Jum’at (26/7/2024).

Pembicara pertama, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bekasi Raya, Ade Muksin, mengatakan wartawan sangat penting dalam memberikan informasi kepada publik. “Terlebih dalam komunikasi pollitik di Pilkada juga dapat tersampaikan ke masyarakat,” tutur Ade.0

Ia meminta, rekan-rekan media massa dapat membuat berita yang mencerahkan agar masyarakat dapat memilih calon pemimpin di Kota Bekasi sesuai yang diharapkan. “Secara terbuka memberikan pencerahan secara konfrehensif mengenai pemimpin yang berkwalitas dan integriats,” ujar dia.

Dengan begini, Ade menganggap perlu ada sinegritas rekan media dengan KPUD dan Bawaslu.

Pembicara Kedua, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Iwan Nendi Kurniawan menyebut sekarang sudah mulai hingar bingar pemberitaan para bakal calon kontestan politik di Pilkada Kota Bekasi. Ia melihat situasi ini seperti ada rekomendasi dari kontestasi politik tertentu. Menurutnya, hal ini akan bergulir terus menjelang pendafataran para calon kontestan politik di Pilkada 2024. “Kita cermati ada fenomena saat ini, banyak media partisan,” tandas dia.

Iwan berkata, media partisan yang dimaksud itu memuat berita salah satu paslon kontestan politik saja. Seharusnya, lanjut dia, media ini harus bersikap idependen. Namun, Iwan mengangap hal ini agak wajar selagi penyajian berita secara objektif. Justru, dirinya merasa kwatir jika peran media sudah tidak menyuarakan hal-hal di publik. “Masyarakat atau pembaca akan dapat menilai,” ujarnya.

Pembicara ke tiga, Kepala Bagian humas Pemkot Bekasi, Saut Hutajulu menilai peran media di Pilkada bekasi sangat di butuhkan, sebentar lagi akan ada pemilihan Kepala Daerah baik tingkat Wali Kota maupun Gubernur. Saut mengharapkan pemiilihan kepala daerah nanti berjalan lancar. “Media menjadi alat komunikasi ke masyarakat yang benar tentang pilkada di bekasi,” ujar dia.