RAKYAT.NEWS, BEKASI – Kepala Bidang Pengembangan Kopetensi Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemerintahan Kota Bekasi, Yanti Binarty, membenarkan Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi, Muhammad Solikhin, sedang mengikuti sekolah kepemimpinan.

Menurutnya, hal ini berdasarkan Peraturan Lembaga Administrasi Negara RI nomor 5 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Struktural Kepemimpinan.

“Untuk sekolah kepemimpinan itu, Kita (BKSDM Kota Bekasi) bekerja sama dengan BPSDM Jawa Barat, untuk pengawas, administrator sampai Kepala Dinas di sana,” terang Yanti Kepada Rakyat News, Selasa (13/8/2024).

Jadi, katanya, BKSDM Kota Bekasi mewajibkan bagi eselon 2 untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN).

“Jadi kita hanya menunjuk, penyelenggaranya LAN dan BPSDM Provinsi Jawa Barat,” ujar Yanti.

Ia menjelaskan, tingkat kepala dinas ini masuk dalam Struktural Pratama yang selanjutnya disebut Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II adalah pelatihan untuk menduduki atau dalam jabatan pimpinan tinggi pratama.

Yanti berkata, Muhammad Solikhin semenjak di rotasi dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi bulan Juli 2024 kemarin, kini menjabat sebagai Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi.

“Jadi memang sudah diusulkan (Nama Solikhin ikut sekolah kepemimpinan), baru dilaksanakan pemanggilannya sekarang. Itu boleh,” ungkap Yanti.

Sebelumnya, Kasubag Umum dan Kepegawaian dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi, Nuralelin, menyebut dimulai bulan Juli 2024, Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi dipimpin oleh Muhammad Solikhin.

“Ya bapak Solikhin sekarang sedang ikut Sekolah Kepemimpinan,” ucap Nuralelin.