Peringatan ini dikeluarkan menyusul gempa dengan kekuatan 7,1 Skala Richter yang terjadi di Laut Hyūganada, Prefektur Miyazaki, Pulau Kyushu pada Kamis (8/8/2024).

BMKG di Indonesia sebelumnya sudah memprediksi kemungkinan terjadinya gempa besar Megathrust Nankai. Sumber gempa megathrust Nankai terletak di sebelah timur lepas pantai Pulau Kyushu, Shikoku, dan Kinki di Jepang Selatan.

Megathrust Nankai merupakan salah satu zona ‘seismic gap’ atau zona sumber gempa potensial namun belum mengalami gempa besar dalam beberapa puluhan hingga ratusan tahun terakhir. Zona ini diduga sedang mengalami proses akumulasi tegangan pada kerak bumi.

“Sistem Megathrust Nankai memang sangat aktif. Berdasarkan data sejarah gempa tersebut di atas dapat dikatakan bahwa zona sumber gempa ini dapat memicu gempa dahsyat yang bermagnitudo M8,0 hingga lebih di setiap satu atau dua abad,” kata Daryono.

Palung Nankai memiliki beberapa segmen Megathrust, dan jika seluruh patahan tersebut tergelincir bersamaan, para ilmuwan Jepang meyakini bahwa palung tersebut dapat menghasilkan gempa dengan kekuatan mencapai M9,1.

Megathrust merupakan wilayah pertemuan antar-lempeng tektonik Bumi yang berpotensi menyebabkan gempa kuat dan tsunami besar. Zona ini diprediksi dapat pecah secara berulang dengan rentang waktu hingga ratusan tahun.