RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Sosok Andi Sudirman Sulaiman (Andalan), Gubernur Sulawesi Selatan Periode 2021-2023 yang dalam keseluruhan penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan, ia lakukan semata mata untuk mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi masyarakat.

Baik itu di sekor ekonomi, kesetaraan hukum, birokrasi, hingga pelayanan prima tanpa pandang bulu.

Bukan rahasia lagi, Andi Sudirman Sulaiman berkepribadian lurus yang telah membawa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berjalan dengan menjunjung tinggi integritas, dibuktikan dengan keberhasilannya mengembalikan kepercayaan publik ditengah kondisi dinamika politik Pemerintahan saat itu.

Berikut ini kesaksian para akademisi dan pakar terkait kinerja apik pria kelahiran Bone 25 September 1983 itu.

Guru Busar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Prof Dr Indrianty Sudirman menuturkan, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman berhasil dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui banyak program strategis yang dijalankan.

Program strategis yang dimaksud, seperti pengembangan infrastruktur, penguatan sektor agrikultur (pertanian, perikanan, peternakan), penguatan UMKM, pengembangan investasi dan kemitraan termasuk dengan luar negeri, dan perbaikan tata kelola serta reformasi birokrasi.

“Termasuk juga beliau concern pada peningkatan kualitas SDM. Beliau banyak memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang penting untuk mendukung aktivitas ekonomi, seperti jalan, jembatan, dan fasilitas publik lainnya sehingga mempermudah akses transportasi barang di wilayah Sulsel,” ujarnya belum lama ini.

Menurutnya, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman ketika menjabat berhasil membuat ekonomi Sulsel berdaya tahan kuat. Dia banyak memberikan bantuan dan subsidi kepada petani dan nelayan, serta meningkatkan bantuan peningkatan teknologi pertanian.

“Selain itu, beliau aktif menarik investasi dari luar dan membangun kemitraan dengan nasional dan internasional. Itulah kenapa pertumbuhan ekonomi Sulsel bisa solid,” tukasnya.

Terbukti, ekonomi Sulsel kumulatif selama tahun 2022 terhadap tahun 2021 kembali mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,09 persen. Kemudian berlanjut selama tahun 2023 mencatatkan pertumbuhan sebesar 4,51 persen.