RAKYAT NEWS, JAKARTA – Presiden terpilih Prabowo Subianto menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo tidak pernah memberikan petunjuk untuk mendukung calon tertentu dalam Pilkada 2024.

“Saya jamin enggak ada itu, Pak Jokowi, saya ketemu berkali-kali dia enggak pernah nitip, ‘tolong ini jadiin ini’, enggak ada, saya jamin enggak ada,” kata Prabowo di penutupan Kongres ke-VI PAN di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Sabtu (24/8) malam.

“Saya katakan harus benar dan salah ya salah, saya pertanggungjawabkan. Pak Jokowi tidak pernah nitip-nitip ini tidak pernah,” tambahnya.

Prabowo menyerahkan keputusan terkait Pilkada 2024 kepada para junior di partainya. Ia juga tidak mempermasalahkan siapa pun yang dipilih untuk Pilkada 2024. Prabowo juga menegaskan bahwa tidak ada intervensi dalam Pilkada 2024.

“Kadang kadang kita sama PAN kadang kadang enggak, ya monggo, iya kan? Enggak ada urusan, silakan enggak ada intervensi,” kata dia.

Sebelumnya, beredar kabar tentang dugaan intervensi Jokowi dalam Pilkada 2024, termasuk adanya indikasi kerabat dan orang dekatnya yang maju dalam Pilkada 2024.

Di antaranya adalah menantu Jokowi, Bobby Nasution, yang maju dalam Pilgub Sumut, dan mantan Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi, yang maju dalam Pilgub Jateng.

Jokowi telah membantah melakukan campur tangan dalam Pilkada 2024. Ia menegaskan bahwa segala hal terkait Pilkada adalah kewenangan partai politik.

“Urusan Pilkada itu urusannya partai politik. Urusannya mencalonkan itu juga urusan partai politik. Saya bukan ketua partai, saya bukan pemilik partai. Jadi jangan ditanyakan kepada saya,” kata Jokowi di PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7) lalu.