RAKYAT.NEWS, JAKARTA  – Jumlah pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah mencapai 2 juta orang di awal pekan ini. Meski demikian, beberapa instansi masih memiliki sedikit pendaftar.

Berdasarkan informasi yang diunggah di Instagram Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Selasa (3/9/2024), per 2 September jumlah pendaftar CPNS telah mencapai 2.053.173 orang. Dari jumlah tersebut, ada 737.178 orang yang telah menyelesaikan proses pendaftaran hingga tahap submit.

Di antara mereka, 362.326 orang telah diverifikasi dan memenuhi syarat, sedangkan 73.705 orang lainnya tidak memenuhi syarat.

Dari jutaan pelamar, BKN merangkum 10 instansi pusat dengan pendaftar terbanyak. Kementerian Hukum dan HAM menjadi yang terbanyak dengan 333.134 pendaftar untuk 9.070 formasi, disusul Kementerian Kesehatan dengan 60.573 pelamar untuk 8.449 formasi.

Instansi lainnya termasuk Kejaksaan Agung, Kementerian Kominfo, Kementerian Agama, Kementerian Pertahanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Daftar 10 Instansi Pusat-Daerah Kurang Peminat

BKN juga mencatat 10 instansi pusat dan daerah yang minim pelamar karena formasi yang dibuka memang sedikit. Contohnya, Sekretariat Jenderal MPR baru memiliki 174 pelamar dari 25 yang dibutuhkan, Setjen KOMNAS HAM hanya 189 dari 38 pendaftar.

Instansi lainnya termasuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Koordinator Bidang PMK, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Setjen WANTANNAS, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, serta Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial.

Di tingkat daerah, ada Pemerintah Kota Gorontalo dengan hanya 7 pelamar untuk 5 formasi, Pemerintah Kab. Bangli dengan 9 formasi dan 12 pelamar, serta Pemerintah Kota Tanjung Pinang dengan 15 formasi dan 20 pelamar.