RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Peruri memastikan bahwa layanan dari https://meterai-elektronik.com bekerja dengan baik. Ini termasuk akses ke situs web, proses pembelian kuota e-meterai, dan pemberian e-meterai selama periode pendaftaran seleksi CPNS 2024 yang akan berakhir pada 10 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Kepala Sekretaris Korporat Peruri, Adi Sunardi, menyatakan bahwa dokumen yang sudah memiliki e-meterai di website meterai-elektronik.com dapat diunduh kapan saja tanpa batasan waktu.
“Hal ini merupakan komitmen PERURI untuk memberikan layanan maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan e-meterai guna mendaftar CASN 2024,” kata Adi dalam keterangan resmi, dikutip Senin (9/9).
Dengan semakin mendekatnya batas pendaftaran, kata Adi, masyarakat disarankan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan administrasi pendaftaran CASN 2024 melalui layanan e-meterai di https://meterai-elektronik.com.
“Namun data dari PERURI menunjukkan minat terhadap penggunaan e-meterai masih sangat tinggi dengan pembubuhan tertinggi sejak awal masa pendaftaran tercatat pada tanggal 6 dan 7 September mencapai lebih dari satu juta pembubuhan e-meterai per harinya,” bebernya.
Pada periode pendaftaran CASN 2024 kali ini, minat masyarakat untuk mengikuti seleksi tes sangat tinggi. Untuk mempermudah pendaftaran, BKN telah menyediakan opsi penggunaan meterai tempel selain menggunakan e-meterai sejak tanggal 5 September 2024.
E-meterai merupakan bagian dari proses digitalisasi di bidang perpajakan dan bea meterai yang dikelola oleh PERURI sebagai penyedia e-meterai.
E-meterai saat ini digunakan dalam berbagai layanan digital di berbagai instansi, tidak terbatas hanya pada pendaftaran CASN.
“Masyarakat dapat membeli e-meterai untuk dapat digunakan kapanpun dibutuhkan, karena e-meterai tidak memiliki masa kadaluarsa,” pungkasnya.
Untuk pembelian dan pemakaian e-meterai, masyarakat juga dapat mengunjungi beberapa reseller, antara lain.
3. ⁠Aplikasi mobile Sobat Meterai
4. ⁠Gerai Kantor Pos di seluruh Indonesia.
Adi menambahkan, apabila masih terdapat kendala terkait dengan akses pembelian e-materai, maka masyarakat dapat melaporkannya melalui helpdesk halam yang digunakan.
“Jika masih ditemukan kendala terkait pembelian dan pembubuhan e-meterai, masyarakat agar memberikan laporannya melalui masing-masing helpdesk dari channel yang digunakan,” kata Adi.