RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada 16 September 2024 (12 Robiul Awal 1446H), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mempersiapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dalam upaya ini, PT KAI Daop 1 Jakarta akan menyelenggarakan kegiatan “Sapa Pelanggan” untuk memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan pelanggan, mendengarkan masukan langsung, serta menciptakan atmosfer positif selama perjalanan.

Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan program “Sapa Pelanggan” bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan, mendengarkan masukan langsung, serta menciptakan atmosfer positif selama perjalanan mereka.

“Setiap long weekend merupakan momen dimana jumlah penumpang kereta api meningkat secara signifikan,” ungkap Ixfan dalam keterangan di Jakarta, Jumat (13/9/2024).

Ixfan menjabarkan, data volume penumpang KA pada Jumat 13 September 2024 untuk wilayah Daop 1 Jakarta mencapai 35.500 orang, dengan rincian 16.500 penumpang dari Stasiun Pasar Senen dan 12.300 penumpang dari Stasiun Gambir.

“Jumlah ini meningkat 12 persen dibandingkan dengan Jumat sebelumnya, yang mencatatkan 31.457 penumpang,” beber Ixfan

KAI Daop 1 mencatat hingga 17 September 2024, tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) yang telah dipesan mencapai 114.000 tiket. Jumlah ini masih bisa bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung.

Tujuan favorit penumpang termasuk Yogyakarta, Malang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Semarang.

Untuk mengantisipasi lonjakan volume penumpang, KAI Daop 1 Jakarta akan menambah KA 7002A Taksaka Tambahan rute Gambir – Yogyakarta PP, yang berangkat dari Stasiun Gambir pukul 18.40 WIB.

“KAI melakukan pendekatan personal untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan dan harapan mereka terkait layanan kereta api, serta membangun citra positif perusahaan melalui interaksi yang ramah dan mendukung,” imbuh Ixfan.