RAKYAT.NEWS, MEDAN – Kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menambah perolehan medalinya dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) melalui Otnieliem bersaudara.

Keduanya, Ivan Otnieliem dan Vani Jusak Otnieliem berhasil menyumbang dua medali sekaligus bagi Kontingen Sulsel, yakni emas dan perunggu melalui cabang olahraga Dancesport di Santika Dyandra Hotel Medan, Kamis (12/9/2024) malam.

Keduanya berhasil meraih perolehan medali emas PON XXI dalam Kategori FFA, disusul Nusa Tenggara Barat sebagai peraih perak dan Bali yang meraih perunggu.

Saat dikonfirmasi Rakyat.News, Ivan Otnieliem membenarkan pencapaiannya tersebut dalam meraih dua medali sekaligus pada ajang PON XII Aceh-Sumut ini.

“1 emas 1 perunggu brader,” kata Ivan melalui pesan singkat Instagram.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Suherman, mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi pencapaian medali emas dan perak yang telah didapatkan oleh Otnieliem bersaudara tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggnya atas raihan medali emas dan perunggu oleh Ivan dan Vani Otnieliem dalam cabang olahraga Dancesport di PON XXI ini,” ujar Suherman kepada Rakyat.News, Jumat (13/9/2024).

Ia mengungkapkan bahwa merupakan suatu kebanggan bagus Sulsel untuk mendapatkan medali melalui cabor yang masih tergolong baru dipertandingkan tersebut di ajang PON.

“Suatu kebanggaan bagi kami karena ini adalah cabang baru di PON untuk Sulawesi Setalan, nah ini salah satu peluang besar bagi kita,” jelasnya.

Ia menerangkan, bahwa pencapaian Ivan dan Vani dalam meraih medali tersebut tidak terlepas dari persiapannya yang tergolong sangat baik, karena berlatih Dancesport hingga bahkan ke benua Eropa.

“Iya sampai ke benua eropa. Saya memberikan support terus itu supaya mencapai suatu keberhasilan yang tinggi (dalam olahraga Dancesport),” bebernya.