RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pemain berdarah Belanda, Mauro Zijlstra, mengonfirmasi bahwa ia tengah menjalani proses naturalisasi untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

Dalam sebuah siniar bernama Done Deal, sang striker berusia 19 tahun ini mengungkapkan bahwa proses pergantian kewarganegaraan sedang berlangsung. Zijlstra, yang bermain untuk klub Volendam U-21, sedang aktif mempersiapkan dokumen-dokumen naturalisasi.

“Kami sedang mengurus paspor Indonesia saya. Mereka (PSSI) tengah memeriksa dokumen yang dibutuhkan dan jika semuanya selesai saya akan segera terbang ke Indonesia,” ujar Zijlstra.

Kehadiran Zijlstra bisa menjadi penambah kekuatan penting bagi lini serang Timnas Indonesia, terutama mengingat usianya yang masih di bawah 20 tahun. Dengan tinggi badan 188 cm, Zijlstra juga dapat memberikan kontribusi signifikan sebagai target man dalam tim.

Dari segi statistik, Zijlstra juga menunjukkan performa yang menjanjikan. Pada musim kompetisi U-21 2024/2025, Zijlstra telah mencetak dua gol dalam dua pertandingan, serta memberikan satu assist.

Situasi ini tentunya membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, semakin yakin untuk mengikutsertakan Zijlstra dalam skuad tim. Terlebih lagi, Indonesia saat ini tengah berjuang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Zijlstra juga memberikan apresiasi terhadap antusiasme besar para pendukung sepak bola di Indonesia.

Ia bahkan menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 melalui siaran televisi, dan memberikan pujian kepada penonton yang hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

“Tentu saya tidak sabar karena semua orang ada di sana. Ada optimisme dari stadion yang dipenuhi 70 ribu orang. Ini seperti mimpi anak-anak yang terwujud, jadi saya sangat antusias,” bebernya.