RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Asosiasi E-Sport Indonesia (ESI) Provinsi Sulawesi Selatan mengapresiasi capaian kontingen Sulsel yang berhasil menyumbangkan medali perak pada cabang olahraga Esport kategori Free Fire di PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Capaian medali perak ini diraih kontingen Sulsel cabor Free Fire setelah berhasil mengamankan 161 poin di Medan Internasional Convention Center, Minggu (15/9/2024).

Sedangkan medali emas diraih Jawa Barat dengan total poin 212, dan perunggu diraih Papua dengan 144 poin.

Ketua Bidang Prestasi Atlet E-Sport Indonesia (ESI) Sulsel, Tommy Thesman, mengatakan bahwa pencapaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras para pemain sebelum mengikuti PON XXI 2024 ini.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali bisa menyumbangkan medali perak di PON XXI Aceh-Sumut. Segala kerja keras dan kesabaran akhirnya membuahkan hasil,” ujar Tommy kepada Rakyat.News.

Tommy menegaskan, bahwa raihan ini menjadi Langkah awal bagi pihaknya untuk terus berupaya meraih prestasi-prestasi lainnya di cabang olahraga Esport, khususnya di ajang PON edisi berikutnya.

“Kedepannya kami akan lebih baik lagi dan bekerja keras untuk bisa lebih maksimal. Harapannya untuk cabor Esport  bisa lebih baik dan profesional lagi  dalam melaksanan PON berikutnya dari pada PON XXI Aceh-Sumut,” kata Tommy.

Ia juga menuturkan, bahwa pihaknya menargetkan 2 medali dalam ajang PON XXI 2024 ini. Karena terdapat dua kategori yang lolos untuk cabor Esport bagi Kontingen Sulsel, antara lain Free Fire dan PUBG Mobile.

“Untuk target medali di PON ini kita mau sebanyak nya untuk cabor esport, tapi karena yang lolos hanya 2 nomor tanding saja berarti kita target 2 medali,” bebernya.

Oleh karena itu, Tommy berharap, jika PON edisi berikutnya dapat meloloskan sejumlah nomor atau kategori cabang olahraga Esport lainnya.