RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, mengungkapkan bahwa Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akan mengumumkan hasil dari penyelidikan dugaan match fixing di ajang PON 2024 dalam dua hari ke depan, Kamis (19/9/2024) mendatang.

Pernyataan ini disampaikan oleh Yunus setelah melakukan rapat kerja dengan DPR RI di Gedung MPR, Jakarta, pada Selasa (17/9).

Dugaan match fixing dalam pertandingan sepak bola tersebut juga menjadi perhatian dari Komisi X DPR RI.

Yunus menyatakan bahwa tim investigasi saat ini sedang bekerja secara intensif. Setelah mendapatkan hasilnya, informasinya akan diserahkan kepada Erick Thohir.

“Semua telah terhimpun dari tim investigasi. Sementara juga tim investigasi bekerja di Aceh dan ada beberapa rekomendasi dan beberapa pihak yang mendapatkan sanksi.” jelas Yunus dikutip CNNIndonesia.

Kemudian, kata Yunus, Erick Thohir yang juga merupakan Menteri BUMN akan mengumumkan temuan tersebut kepada publik.

“Nanti investigasi disampaikan oleh ketua atau oleh pak ketum (Erick Thohir). Saya tidak mau melangkahi tim investigasi,” lanjut Yunus.

Menanggapi fakta tentang insiden wasit yang memimpin pertandingan antara Aceh dan Sulawesi Tengah yang diduga terlibat dalam pengaturan skor, Yunus menekankan pentingnya fokus pada investigasi tersebut.

“Soal itu (pergantian wasit) juga bagian dari investigasi. Ada yang dipanggil. Saya hari ini akan ke Aceh untuk menemani investigasi. Kita tunggu hasilnya bagaimana,” bebernya.

Sebelumnya, pertandingan sepak bola antara Aceh dan Sulawesi Tengah dalam ajang PON XXI 2024 menarik perhatian banyak pihak dikarenakan adanya insiden pemukulan oleh Muhammad Rizki Saputra terhadap wasit Eko Agus Sugih Harto menjadi sorotan utama dalam pertandingan tersebut.