RAKYAT NEWS, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Eka Sastra menyatakan permintaan maafnya atas kisruh yang ada di internal Kadin akhir-akhir ini.

Pernyataan maaf ini berkaitan dengan perdebatan seputar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang terjadi pada 14 September 2024.

“Dengan kejadian yang ada seharusnya kami meminta maaf kepada bangsa Indonesia,” kata Eka pada Sabtu, 21 September 2024, dikutip dari Tempo.

Eka menyesalkan terjadinya konflik semacam ini. Menurutnya, fokus Kadin seharusnya pada penggerakkan perekonomian negara.

Oleh sebab itu, Eka menyarankan agar masalah internal seperti ini segera diselesaikan bersama sebagai bagian dari keluarga besar Kadin.

“Sebagai keluarga besar, mari kita selesaikan secara internal masalah ini. Dan Pak Anin dan Pak Arsjad ini kan dua orang berteman dari dulu,” ujar dia.

Ia berharap agar Arsjad dan Anin dapat duduk bersama untuk mencari solusi atas konflik ini.

Jumlah waktu yang tersedia sampai Munas Kadin berikutnya juga tidak terlalu lama. Kurang dari setahun, Kadin akan kembali mengadakan munas sesuai dengan AD/ART pada tahun 2026.

Eka menyarankan agar waktu yang terbatas itu dimanfaatkan secara produktif, seperti melaksanakan kegiatan kampanye.

Selain itu, Arsjad Rasjid juga tidak memiliki rencana untuk kembali mencalonkan diri dalam pemilihan mendatang dan akan fokus kembali pada bisnis pribadinya.

“Sebenarnya ruang sangat terbuka untuk menyelesaikan masalah ini. Tinggal bersabar setahun saja, udah,” ucapnya.