Jerry juga menekankan bahwa syarat bagi Menteri Keuangan adalah menguasai ilmu fiskal, moneter, akuntansi, dan mikroekonomi.

“‘Untuk Menteri Pendidikan sebaiknya seorang penemu, ahli pendidikan, dekan, rektor atau praktisi pendidikan dan sebaiknya lulusan S3 (doktor) atau bergelar profesor. Dia harus paham dunia akademik dan kurikulum serta seluk beluk dunia pendidikan. Kalau bisa IPK-nya di atas 3,5,” ujar Jerry.

Prabowo sebaiknya memilih menteri berdasarkan keahlian dan rasionalitas, bukan berdasarkan pertimbangan pribadi atau emosional.

“Saya kira Prabowi orang yang cerdas, dia pernah mengecap pendidikan di 6 negara, bukan itu saja namun beliau terlahir dari keluarga berpendidikan. Ayahnya seorang guru besar dibidang ekonomi. Barangkali dengan kata lain latar belakangnya terdidik. Seyogianya parpol koalisi KIM Plus  harus mengirim nama-nama menteri sudah diseleksi berdasarkan based competence,” kata dia.

Jerry mengatakan menteri yang mewakili berbagai golongan seperti pemuda dan perempuan juga perlu ada di kabinet.

“Untuk menteri mewakili anak muda perlu juga ada bisa saja 1 menteri, mewakili female atau kalangan perempuan bisa saja 2-3 menteri,” tutur Jerry.