RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur terus berlangsung. Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, per 10 Oktober 2024, landasan pacu bandara akan diperluas hingga 2.200×45 meter.

Budi Karya membagikan pengalamannya saat meninjau Bandara Nusantara di akun Instagram pribadinya @budikaryas. Dalam video yang ia bagikan, terlihat dirinya sedang meninjau bandara di bawah sinar matahari yang terik.

“Menyala bersama di landasan pacu Bandara Nusantara. Menyala juga semangatnya karena meninjau landasan pacu tepat saat matahari sedang terik-teriknya,” tulis Budi Karya dikutip dari unggahannya, Senin (7/10/2024).

Budi Karya menegaskan, bahwa dirinya percaya bahwa kondisi cuaca yang terik membantu percepatan pembangunan Bandara Nusantara.

“Alhamdulillah, jika cuaca bagus bisa mempercepat proses pengerjaan landasan pacu. Saat ini, panjang runway sudah mencapai 2.200 meter x 45 meter dan sedang dikerjakan proses penebalan landasan oleh teman-teman Kementerian PUPR,” kata Budi.

Setelah selesai dibangun, langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi kemampuan bandara untuk pendaratan pesawat yang lebih besar.

Rencananya, pesawat kepresidenan yang lebih besar dari RJ85 akan dapat mendarat setelah penambahan panjang landasan pacu. Pesawat Kepresidenan jenis Boeing Business Jet (BBJ) 737-800 akan dapat mendarat di bandara baru tersebut.

“Setelah itu masih akan ada proses verifikasi kelayakan untuk kembali dilakukan uji pendaratan dengan jenis pesawat yang lebih besar,” ujar Budi Karya.

“Panjang 2200 lebar 45. Insyaallah akan selesai tanggal 10 pagi dan sorenya akan dilakukan uji coba,” lanjutnya.