RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pasangan calon Wali dan Wakil Wali Kota Makassar, Amri Arsyid-Rahman Bando, janjikan perbaikan kualitas pendidikan. Hal itu disampaikan saat kampanye di Kelurahan Mappala, Kecamatan Rappocini.

Rahman Bando menyebut masalah pendidikan menjadi isu yang serius di Kota Makassar. Ia menyebut, timnya telah merancang program pendidikan untuk mengatasinya jika menang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Dari 590 ribu angkatan kerja di Kota Makassar, 104 ribu di antaranya hanya lulusan SD, jadi memang ada persoalan besar dalam sektor pendidikan ini,” ujar Rahman.

Rahman juga menegaskan pentingnya penguatan pendidikan formal dan informal. Salah satu rencana yang diusung adalah penambahan sekolah negeri, khususnya tingkat SMP.

“Jika nantinya pasangan Makassar AMAN diberikan amanah untuk memimpin kota ini, kami akan membangun 10 sekolah baru serta penambahan ruang kelas di sekolah yang sudah ada. Kami menekankan bahwa pemerataan akses pendidikan menjadi prioritas,” katanya.

Untuk lulusan SMA/SMK sederajat, Rahman Bando merencanakan pendirian balai latihan kerja di setiap kecamatan. Program ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan keahlian kepada para lulusan, sehingga mereka siap bekerja, baik di Kota Makassar maupun di daerah lain, bahkan di luar negeri.

“Mereka ini bisa bekerja di Makassar atau di luar kota, dan tidak menutup kemungkinan sampai luar negeri. Mindset anak-anak kita hari ini harus berorientasi global, bukan hanya di Kota Makassar,” tegas Rahman.