RAKYAT NEWS, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI dan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa jumlah kementerian dalam kabinet Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka diperkirakan akan berkisar antara 44-46 kementerian.

“Saya nanti masih mau menghitung finalisasinya, jumlahnya berapa,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2024).

Dasco mengungkapkan bahwa informasi yang diterimanya menunjukkan bahwa nomenklatur kementerian yang ada telah direncanakan untuk mengoptimalkan fungsi kementerian agar memberikan manfaat maksimal bagi rakyat.

Menurut Dasco, jumlah kementerian yang akan dibentuk berikutnya akan difokuskan pada pemenuhan janji kampanye dari Prabowo Subianto.

“Asta Cita dan 17 Program Aksi, yang kemudian akan diimplementasikan pada kementerian-kementerian, baik yang existing, maupun kementerian yang dipecah menjadi kementerian baru,” kata Dasco.

Dasco juga menyebutkan bahwa DPR RI akan menyesuaikan jumlah komisi dengan jumlah kementerian yang ada. Oleh karena itu, DPR terus berkoordinasi dengan pihak pemerintahan yang baru.

“Nanti diharapkan Senin pada saat rapat pimpinan dan badan pemusyawaratan itu sudah mendekati fix,” kata Dasco.