RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Prabowo Subianto, yang telah terpilih sebagai Presiden, telah menyatakan bahwa ia telah mengawasi calon-calon menterinya yang akan menjadi bagian dari kabinet 2024-2029.

Menurut Prabowo, nama-nama calon menteri tersebut telah diajukan oleh pimpinan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan dia yakin bahwa banyak di antara mereka memiliki kemampuan yang dibutuhkan.

“Prosesnya udah berjalan dengan lama, tentunya kita berkoalisi itu pimpinan-pimpinan partai mengajukan nama-nama kita pelajari latar belakang dan saya harus akui banyak sekali yang sangat bagus, sangat kapabel,” kata Prabowo, Jumat (11/10/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Prabowo juga mengungkapkan bahwa beberapa dari calon-calon menteri tersebut sebelumnya telah bekerja sama dengannya dalam Kabinet Indonesia Maju. Ia juga mengaku telah melakukan diskusi dengan mereka meskipun prosesnya dilakukan secara rahasia.

“Jadi sebetulnya proses pemantauan itu sudah berjalan lama, kita sudah sering diskusi jadi ada tahap-tahap yang kita tidak di depan media, tapi sudah dilaksanakan,” katanya.

Ahmad Muzani, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, menyatakan bahwa Prabowo akan mengumumkan susunan kabinetnya setelah resmi dilantik dan mengucapkan sumpah pada Sidang MPR yang akan berlangsung pada 20 Oktober mendatang.

Muzani juga menambahkan bahwa kabinet Prabowo akan segera dilantik tepat satu hari setelah Prabowo mengumumkan susunan kabinetnya pada tanggal 21 Oktober.

“Pak Prabowo dilantik tanggal 20 Oktober, mungkin tanggal 20 malam kabinet akan segera diumumkan. Tanggal 21 akan segera dilantik,” kata Muzani, Jumat (11/10/2024).a