RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan bahwa PKS telah diberikan kriteria-kriteria khusus oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk posisi calon menteri dalam kabinet 2024-2029.

“Kemudian tadi PKS kemudian baru diberikan kriteria-kriteria yang pas untuk kemudian memasukkan,” kata Dasco, Jumat (11/10/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Dasco menyatakan jika kriteria tersebut telah dipenuhi, langkah selanjutnya adalah mengusulkan nama-nama calon menteri. Namun, hingga saat ini, PKS belum mengajukan nama calon menteri dalam pertemuan tersebut.

“Jadi tadi itu belum ada nama yang dimasukkan,” kata dia.

Menurut Dasco, pertemuan antara PKS dan Prabowo merupakan momentum di mana PKS memberikan dukungan moral kepada Prabowo menjelang pelantikannya sebagai presiden pada 20 Oktober mendatang.

“Untuk kemudian bisa menjalani pelantikan dengan lancar,” kata dia.

Dasco juga menyebut bahwa ada banyak individu yang kompeten dan profesional dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf saat ini yang sedang dipertimbangkan untuk masuk ke dalam kabinet pemerintahan Prabowo di masa mendatang.

Meskipun demikian, Dasco enggan memberikan informasi tentang kemungkinan menteri dari kabinet Jokowi yang akan dipertahankan di kabinet Prabowo.

“Karena tidak mau mendahului pengumuman resmi,” kata dia.

PKS telah secara resmi menyatakan dukungannya terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran berdasarkan hasil musyawarah majelis syuro PKS ke-11 yang dilakukan beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan antara elit PKS dan Prabowo hari ini, keduanya sepakat untuk bekerja sama di masa pemerintahan yang akan datang.