RAKYAT NEWS, TERNATE – Sebuah kebakaran terjadi pada speedboat milik calon gubernur Maluku Utara, Benny Laos, di Kota Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara pada Sabtu (12/10/2024).

Kejadian tersebut menyebabkan 6 orang tewas, 10 orang terluka dan dirawat di RSUD Bobong, sementara 17 orang lainnya selamat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Maluku Utara, AKBP Bambang Suharyono menjelaskan bahwa speedboat bernama “Bella 72” yang ditumpangi oleh calon gubernur Maluku Utara nomor urut 4, Benny Laos, terbakar di pelabuhan regional Bobong, Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu pada Sabtu (12/10/2024) sekitar pukul 14.05 WIT.

Bambang menyatakan bahwa speedboat tersebut sebelumnya berlabuh di pelabuhan regional Bobong dan hendak pergi ke Desa Lossen, Kecamatan Taliabu Timur Selatan untuk mengisi bahan bakar. Pihaknya saat itu sedang mengisi bahan bakar.

Setelah kebakaran terjadi, tim gabungan TNI-Polri bersama pemadam kebakaran dan masyarakat segera memadamkan api serta mengevakuasi korban ke fasilitas kesehatan terdekat guna mendapatkan pertolongan awal.

Polda Maluku Utara akan mengirim tim identifikasi untuk membantu Polres Pulau Taliabu dalam penyelidikan.

“Tim Inafis Polri dari Polda Maluku Utara sejumlah 5 personel sudah diberangkatkan ke Pulau Taliabu,” ujarnya.

Bambang mengajak semua pihak dan masyarakat untuk tidak berspekulasi terlebih dahulu agar tidak memecah belah persatuan.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga agar proses demokrasi tetap berlangsung aman dan kondusif selama proses penyelidikan masih berlangsung.

“Kami turut prihatin dan mengucapkan bela sungkawa atas terjadinya insiden ini. Dan untuk penyebab kebakaran kami masih terus melakukan penyelidikan,” pungkasnya.