RAKYAT NEWS, SOLO – Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka mengomentari kemungkinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bergabung dalam kabinet Prabowo Subianto.

“Sekali lagi untuk susunan kabinet kami serahkan sepenuhnya kepada Pak Presiden terpilih (Prabowo),” ujar Gibran saat ditemui awak media ketika meninjau pertandingan olahraga boccia di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 yang digelar di Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS), dikutip dari Tempo, Sabtu (12/10/2024).

Gibran menyatakan bahwa Prabowo telah melakukan pertimbangan matang terkait siapa yang akan diangkat sebagai menteri.

Gibran juga mengungkapkan penghargaannya terhadap keputusan Prabowo.

“Saya yakin beliau sudah menimbang-nimbang dengan matang siapa-siapa yang akan masuk dan sekali lagi keputusannya ada di Pak Presiden terpilih,” ujarnya.

“Kami menghormati keputusan beliau.” lanjutnya.

Gibran menegaskan akan setia kepada Prabowo dan yakin bahwa orang-orang terbaik akan dipilih untuk posisi menteri.

“Saya yakin nanti akan dipilih orang-orang terbaik untuk menempati posisi-posisi itu. Untuk keputusannya kami kembalikan lagi ke Pak Presiden terpilih,” ucap dia.

Gibran juga menyebut keterlibatan Jokowi dalam pembentukan kabinet Prabowo, di mana Jokowi memberikan masukan kepada Prabowo.

“Ya (Jokowi ikut bantu susun kabinet Prabowo), ada beberapa masukan-masukan (dari Jokowi),” ujar Gibran.

Mantan Wali Kota Solo itu menjelaskan bahwa personel menteri hampir lengkap dan Prabowo telah memilih orang-orang terbaik untuk posisi menteri.

“Beliau (menteri) yang terpilih adalah orang-orang terbaik pada posisinya masing-masing,” ungkap dia.