RAKYAT.NEWS, BANTAENG – Masyarakat Kaloling, Kecamatan Gantarang Keke, dihebohkan oleh penyebaran selebaran yang diduga sebagai kampanye hitam terhadap pasangan Calon Bupati Bantaeng nomor urut dua, DR Ilham Azikin dan Nurkanita M Kahfi (IAKan).

Selebaran tersebut ditemukan tersebar di jalan raya, masjid, dan tempat umum lainnya di Kaloling, hanya sehari sebelum kampanye langsung pasangan IAKan pada daerah tersebut.

Selebaran tersebut berisi foto Ilham Azikin dan Nurkanita M Kahfi bersama beberapa tokoh masyarakat yang dicoret dengan tanda silang. Selain itu, selebaran tersebut juga menampilkan tulisan “IAKAN Menang hanya mereka yang BAIK”, “UJI SAH Menang semuanya bangkit”, “GASSPOOL!”

“Selebaran ini makin menguatkan keyakinan kami bahwa kami sudah ada di jalan yang benar. Kami semua sudah bersepakat untuk mendukung pak Ilham dua periode,” kata salah satu tokoh masyarakat Kaloling, Arsyad saat membuka kampanye tatap muka Ilham Azikin di Kaloling, Rabu (16/10/2024).

Arysad mengatakan bahwa dia mengenal Ilham Azikin dengan baik. Menurutnya, Ilham Azikin tidak pernah melakukan hal-hal seperti itu terhadap lawan politiknya.

“Saya tahu persis kalau pak Ilham. Beliau tidak mungkin membalasnya,” ujarnya.

Calon Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin, mengungkapkan sejumlah program yang akan ditawarkan jika terpilih untuk periode kedua. Dia menegaskan bahwa pasangan IAKan akan hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

“Kami menawarkan program yang hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Kami hadir untuk memberikan solusi atas persoalan masyarakat,” ujarnya.

Di antara program-program tersebut, Ilham Azikin menyatakan akan memberikan kuliah gratis, menyelesaikan proyek aspal di Bantaeng, dan menawarkan jalan tani 100% bagi para petani.

“Itu mi bagusnya Ilham Azikin dan Kanita M Kahfi. Hadir dengan menawarkan program. Bukan dengan selebaran yang dilempar tengah malam,” ucap Ilham Azikin.

Ilham Azikin menegaskan bahwa dia tidak terbiasa mencari celaan terhadap orang lain. Dia menekankan bahwa praktik kampanye hitam tidak boleh ditiru oleh pendukungnya. Dia juga mengajak para pendukungnya untuk tetap fokus pada menyebarkan kebaikan dan program-program yang ditawarkan.

“Ilham Azikin dan Kanita M Kahfi tidak terbiasa hadir dengan kejelekan orang lain. Saya yakin, dia menyebarkan selebaran itu karena sudah tidak ada program yang bisa ditawarkan ke masyarakat. Kalau mau hadir, hadirlah secara jantan dan menawarkan kebaikan,” kata dia.

Calon Wakil Bupati Bantaeng nomor urut 2, Nurkanita M Kahfi, bertekad untuk meningkatkan peran perempuan di Kaloling. Salah satu programnya adalah bantuan modal usaha yang akan didistribusikan berdasarkan RT dan RW di masa depan.

“Kanita akan pasang badan untuk memprioritaskan perempuan pada program bantuan modal ini. Karena saya tahu, perempuan adalah penggerak usaha kecil dan menengah di Bantaeng,” kata dia.

Menurutnya, tidak boleh ada lagi anak-anak di Kaloling yang putus sekolah. Program bantuan seragam gratis akan diberlakukan mulai dari tingkat TK sampai SMA.

“Setelah lulus SMA, akan ada program kuliah gratis,” tambahnya.