RAKYAT.NEWS, MAKASSARPSM Makassar bermain imbang saat bertandang ke kandang Persebaya Surabaya dalam laga pekan kesembilan BRI Liga 1 musim 2024/2025.

Sejak awal dimulainya pertandingan babak pertama di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (23/10/2024), kedua tim bermain alot dengan saling jual beli serangan, namun berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Gol dari PSM Makassar dicetak oleh Yuran Fernandez, sementara tim tuan rumah Persebaya Surabaya dicetak oleh pemain asal Palestina, Mohammed Rashid.

BABAK PERTAMA

Persebaya Surabaya mampu bermain dominan dengan berupaya menembus sebelah kiri pertahanan PSM Makassar dengan mengandalkan Malik Risaldi dan mencatat 3 upaya sepakan ke-10 menit laga yang satu diantaranya adalah On Target.

PSM Makassar berhasil unggul lebih dulu di menit ke-16 laga melalui sundulan Yuran Fernandez yang memanfaatkan umpan bola mati dari Ananda Raihan. Skor 0-1 bagi keunggulan Juku Eja.

Gol tersebut sekaligus menjadi gol ke-10 bagi sang kapten Yuran Fernandez selama tiga tahun dirinya membela pasukan ramang di semua ajang yang diikuti oleh PSM Makassar.

Tertinggal satu gol, Persebaya berupaya untuk meningkatkan intensitas serangan. Rashid hampir menyamakan kedudukan bagi Bajol Ijo di menit ke-20 laga andai sepakannya dari luar kotak penalti tidak melebar di sis kanan gawang yang dijaga Hilmansyah.

Hingga menit ke-30 laga, tim tuan rumah berupaya menekan pertahanan PSM Makassar, namun upaya tersebut melalui umpan-umpan crossing kerap dipatahkan oleh Yuran Fernandez dan kawan-kawan.

Memasuki menit ke-40, Persebaya terus memaksa masuk ke pertahanan PSM Makassar untuk mengejar ketertingalannya.

Alhasil, di menit Injury time pada menit ke-45+9, Persebaya mampu menyamakan ketertinggalannya melalui Rashid yang memaksimalkan sepakan bola mati dari luar kotak penalti. Skor imbang 1-1 bertahan hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan.

BABAK KEDUA

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah berupaya memberikan tekanan bagi PSM Makassar melalui sisi sayap.

Alhasil, Rizky Dwi Pangestu hampir membuat Persebaya Surabaya unggul di 10 menit pertama babak kedua, andai sundulannya tidak melebar ke atas gawang dari Hilmansyah.

Persebaya kembali mendapatkan peluang di menit ke-63 laga untuk membalikkan keadaan, namun upaya sontekan K Botan yang berdiri bebas tanpa penjagaan membentur mistar gawang dari PSM Makassar. Sehingga skor masih bertahan 1-1.

PSM mendapatkan kesempatan untuk kembali unggul di menit ke-74 melalui skema bola mati yang sama dengan gol pertama. Juku Eja, namun sundulan Neto Suarez melambung tinggi di atas gawang daripada Ernando Ari.

Tiga menit berselang (77’), Persebaya mendapatkan peluang emas melalui serangan balik dari Flavio Silva yang bebas tanpa penjagaan, sayangnya sepakannya tersebut tidak mampu dikonversi menjadi sebuah gol karena sontekannya melebar ke sisi kiri gawang.

Persebaya berhasil unggul pada menit ke-88 usai terjadi kemelut di depan gawang hasil dari skema serangan balik. Sayangnya, gol tersebut harus dianulir oleh wasit karena tampak pemain Persebaya terperangkap offside setelah dilakukan VAR Checking. Skor tetap 1-1.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-1 sama bertahan untuk kedua tim. Yang kemudian membuat Persebaya kembali mengamankan posisi puncak klasemen dengan nilai 18 poin.

Sementara tim tamu PSM Makassar juga tertahan di posisi empat klasemen sementara Liga 1 musim 2024/2025 dengan mengumpulkan nilai 16 poin.

Daftar Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3)
Formasi: Ernando Ari; Mikael Tata, Slavko Damjanovic, Kadek Raditya, Arief Catur; Mohammed Rashid, Gilson Costa, Francisco Rivera; Bruno Moreira, Rizky Dwi Pangestu, Malik Risaldi.

Pelatih: Paul Munster

PSM Makassar (3-5-2)
Formasi: Hilmansyah; Aloisio Neto, Syahrul Lasinari, Yuran Fernandes; Victor Luiz, Akbar Tanjung, Ananda Raehan, Latyr Fall, Victor Dethan; Ricky Pratama, Tito Okello.

Pelatih: Bernardo Tavares