Mengumpulkan Kekuatan Mengalahkan “White Walker” Covid-19

  • Whatsapp
Syamsul, SE.,M.Si Dosen Universitas Ichsan Gorontalo

Oleh: Syamsul, SE.,M.Si
Dosen Universitas Ichsan Gorontalo

RAKYAT NEWS, OPINI – The Wall dalam Film Layar lebar Game Of Thrones merupakan tebing Es raksasa yang mampu melindungi umat manusia dari serangan mahluk zombie atau White Walker. disaat para kerajaan mengumpulkan pasukan untuk menguasai benua dan merebut Iron Thone, Jon Snow mengabdikan diri untuk menjaga The Wall agar tetap kokoh dan tidak bisa ditembus dari serangan white walker (zombie) yang nyata keberadaanya. sedangkan, kerajaan lain tetap fokus dalam perebutan Iron Thone.

Bacaan Lainnya

White Walker diciptakan bukan dilahirkan, muncul dari sihir kuat yang sama sekali belum pernah digunakan, dipersiapkan sebagai tentara perang zaman ras kuno. namun akhirnya mereka lepas kendali dan menjadi ancaman terbesar kehidupan manusia.
White Walker membunuh semua mahluk hidup yang ada dihadapan mereka dan menghidupkan kembali sebagai Wights (zombie) untuk berperang disisi mereka. Pada akhirnya White Walker di kalahkan meskipun mengorbankan ribuan prajurit. kekalahan White Walker bukan oleh satu orang ataupun satu kerajaan melainkan, kumpulan kekuatan dari sekian kerajaan.
Covid-19 itu di ciptakan (tidak dilahirkan), sama dengan White Walker pada cerita Game Of Thrones.

The Wall dengan tebing yang tinggi dan tebal yang tidak mungkin ditembus oleh pasukan kerajaan apapun, akhirnya tembus oleh pasukan white walkers. 121 Negara kuat di Dunia bertekuk lutuk oleh keganasan virus covid-19, bahkan penduduk-penduduk yang terpapar virus Corona kembali menjadi “zombie” bagi penduduk lainnya, sebagaimana mahluk hidup yang dibunuh kemudian dibangkitkan kembali menjadi pasukan White Walker. Pemerintah hadir secara mandiri untuk mengatasi serangan wabah ini pun di pukul mundur. Hari, minggu, dan bulan orang yang terpapar virus semakin bertumbuh, bahkan tidak sedikit korban yang meninggal dunia.

Seluruh Dunia melawan Covid-19, begitulah Tagline di seluruh media. Cerita akhir Game of Thrones, pasukan dan pemimpin white Wlakers dikalahkan. Covid-19 juga bisa dikalahkan, dengan cara “mengumpulkan kekuatan”.

Pengabdian dan Kepatuhan!
Pengabdian dan Kepatuhan bagian dari kekuatan yang dimiliki bangsa. Jon Snow sebagai anak angkat Raja Winterfell yang tidak diakui sebagai garis keturunan kerajaan, sering dikucilkan bahkan hampir dibunuh, turut mengabdikan diri untuk menjaga The Wall sebagai benteng pertahanan terakhir. Para Tenaga medis yang dulunya sering dikucilkan dan dimaki dalam pelayanannya sebelum wabah covid-19, tetap mengabdikan diri digarda terdepan dan menjadi “tebing raksasa” (the wall) sebagai benteng terakhir penanganan wabah.

Tak sedikit korban yang terbunuh untuk menjaga The Wall, begitupun halnya tenaga medis yang sudah banyak meninggal dalam merawat pasien yang terpapar virus. Para Medis bersama Timnya menggalang dukungan kepada masyarakat, pemerintah, dan lembaga non pemerintah untuk melawan covid-19 ini secara bersama-sama berdasarkan fungsi masing-masing. Jon Snow dalam menumbangkan White Wlakers menggalang dukungan dengan Khaleesi dan Cersei Lannister dan beberapa kerajaan yang tidak masuk dalam perebutan Iron Throne, sedangkan para penduduknya tetap tinggal dirumahnya berdiam diri, dikarenakan pasukan white wakers semakin bertambah apabila mereka berkeliaran dan terbunuh.

Stayhome melalui social distancing, tidak berkumpul, mengindari keramian, bukan semata untuk mengekang penduduk karena tidak bekerja lagi atau tidak mencari nafkah, melainkan untuk menyelamatkan hidupnya dan tidak menjadi pasukan dari covid-19, sambil menunggu perlawanan virus usai. kepatuhan terhadap aturan menjadi kekuatan dalam melawan covid-19 yang dapat memutus mata rantai penyebaran.

Menggalang Dukungan Kekuatan!
Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah (provinsi, Kabupaten/Kota) harus tetap solid pada 1 garis komando. Karena tujuan perlawanan yang sama berarti kekuatan juga harus dikumpulkan secara bersama. Dapat dibayangkan The Wall dalam film Game of Thrones dapat di tembus oleh pasukan White walkers, dimana tingginya 215 meter, panjang 480 km, Monas saja hanya setinggi 132 Meter. Jika garis komando antara pemerintah pusat dan daerah tidak searah yakin virus covid-19 ini dapat menembus seluruh pulau, provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

Keberhasilan Jon Snow dalam menumbangkan pasukan White Walker bukan semata-mata karena banyaknya sumber daya yang dimiliki, melainkan mengumpulkan kekuatan melalu kebersamaan. Yakin bahwa keterbatasan sumber daya kita bukanlah menjadi alasan tidak mampu melawan wabah ini, melainkan kebersamaan kita jauh melampau sumber daya yang dimiliki selama ini.

Pos terkait