Jakarta, Rakyat News – Menko Maritim Luhut Pandjaitan mengundang Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Ms. Christine Lagarde mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilincing, guna berdialog langsung dengan para pedagang disana.

“Saya ajak Ibu Lagarde ke sini karena kami tidak ingin menunjukkan situasi yang baik-baik saja. Kami persilakan beliau melihat yang sangat bagus, menengah dan masyarakat kelas bawah. Kita serahkan kepada beliau untuk membuat kesimpulan sendiri tentang Indonesia,” ujar Menko Luhut saat ditanya apa tujuannya mengundang Ms. Lagarde berkunjung ke Cilincing.

Ms. Lagarde yang didampingi Gubernur BI Agus Martowardojo menanggapi positif dan sependapat bahwa ia ingin melihat kehidupan masyarakat yang sebenarnya, yaitu dengan melihat langsung dimana masyarakat bekerja.

“Saya senang bisa bertemu banyak perempuan yang bekerja di tempat ini,” katanya.

Setelah mengunjungi TPI Cilincing, Menko Luhut lalu mengajak Ms. Lagarde melihat suasana sungai Cilincing yang dulunya penuh dengan sampah dan kini telah menjadi lebih baik.

“Kami memulai proyek pembersihan sungai ini sejak tahun lalu. Tadinya sungai ini mirip lautan sampah dan kini sudah lebih baik. Kami mengolah plastik-plastik yang diambil dari sungai untuk dijadikan lapisan aspal seperti yang kita injak ini,” terang Menko Luhut kepada Ms. Lagarde, yang menyatakan kekagumannya terhadap teknologi tersebut.

Ms. Lagarde kemudian mengatakan, sebagai seorang yang sangat peduli pada masalah lingkungan dan mencintai kehidupan air, ia mendukung apa yang dilakukan pemerintah untuk proyek pembersihan kali dan sungai.

“Kita harus bisa menjaga kehidupan di dalam air. Tidak boleh membuang ke sungai sampah plastik, kertas dan lain-lain karena itu membunuh, dan itu tidak baik untuk bagi kehidupan,” tanggapnya.