Makassar, Rakyat News – Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), mendapatkan kesempatan pertama untuk memaparkan visi-misi pada debat publik perdana di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018. Secara bergantian, NH-Aziz memaparkan konsep Tri Karya Pembangunan untuk merealisasikan Sulsel Baru.

NH mengawali pemaparan visi misi dengan menyampaikan tantangan dan permasalahan Sulsel. Di antaranya yakni pengangguran, kemiskinan, kesenjangan dan daya lingkungan yang semakin menurun. Untuk itu, NH-Aziz menggagas program Sulsel Baru yang akan menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

“Visi Sulsel Baru berupa pada proses pembangunan yang bermuara pada terciptanya keadilan dan kesejahteraan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kata kunci Sulsel Baru itu adalah maju, mandiri dan sejahtera,” ucap NH.

Orientasi dari program Sulsel Baru, NH melanjutkan berupa jaminan kemaslahatan masyarakat. NH-Aziz akan memastikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar masyarakat. Tidak boleh lagi ada diskriminasi dan pembedaan antar-seluruh kelompok masyarakat. Sulsel harus menjadi rumah bagi seluruh golongan.

Dalam kesempatan itu, NH juga memaparkan soal konsep Tri Karya Pembangunan. Konsep itu terdiri atas pembangunan berbasis infrastruktur, pembangunan berbasis ekonomi kerakyatan dan pembangunan berbasis kearifan lokal.

Sementara itu, Aziz Qahhar
mengapresiasi tema debat pertama yang disajikan KPUD Provinsi Sulawesi Selatan. Bagaimana pembangunan berwawasan lingkungan hidup serta pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Indonesia sebagai bangsa religius tentu harus menerapkan hal ini. Jauh hari sebelumnya, kita sudah diperingatkan tentang bagaimana pembangunan harus tetap menjaga lingkungan harus,” pungkasnya. (*)